hero
Xaveriandy Sutanto, tersangka penyuap Irman Gusman dan jaksa Farizal. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

21 September 2016, 17:30 WIB

INDONESIA

Hasil pemeriksaan Kejaksaan Agung terhadap jaksa Farizal menunjukkan si jaksa menerima uang Rp 60 juta dari terdakwa Xaveriandy Sutanto. Hari ini Farizal menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Farizal ini tidak pernah mengikuti sidang dan menerima sejumlah uang. Sementara jumlahnya Rp 60 juta, tapi belum final. Masih terus dikembangkan," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Mumahad Rum, Jakarta, Rabu, 21 September 2016.

Keterlibatan Farizal dalam perkara korupsi terungkap dari tangkap tangan KPK terhadap Ketua DPD Irman Gusman dengan barang bukti Rp 100 juta akhir pekan lalu. Si penyuap Irman, Xaveriandy Sutanto ternyata merupakan terdakwa di Pengadilan Negeri Padang.

Penyidik KPK menunjukkan barang bukti suap Irman Gusman.

Jaksa Farizal adalah ketua tim jaksa penuntut umum Xaveriandy yang didakwa karena mengimpor 30 ton gula tanpa standarisasi dari SNI. Selama persidangan sejak Agustus 2016, Xaveriandy dikenakan tahanan kota Padang.

KPK sendiri dalam konferensi persnya seusai penangkapan Irman Gusman, langsung menetapkan Farizal sebagai tersangka penerima suap. Berbeda dengan hasil pemeriksaan kejaksaan, menurut KPK Farizal menerima Rp 365 juta.

Selama persidangan, Farizal tidak pernah hadir dan tidak berbagi informasi dengan anggota tim penuntut umumnya. Uang Rp 60 juta itu, lanjut Rum, diterima Farizal dalam empat kali penyerahan. "Dia sendiri, tidak melibatkan yang lain," kata Rum.

Soal Xaveriandy yang merupakan tahanan kota, tapi bisa berada di Jakarta, Rum mengaku tidak mengerti cara kerja jaksa di Padang. "Itu masih kami telusuri. Dari pemeriksaan, belum terungkap dengan jelas," ujar Rum.

Muhammad Rum. (NET)

Salah satu hasil pemeriksaan internal Kejaksaan Agung yang sama dengan hasil penyidikan KPK adalah bahwa Farizal membantu Xaveriandy membuat eksepsi sebagai terdakwa. "Sanksi terberat adalah dipecat. Tapi belum kami tentukan karena pemeriksaan masih berlanjut," ujarnya.

Farizal sendiri sedang menjalani pemeriksaan oleh KPK. Ia dibawa ke KPK sejak pukul 11.00 WIB. Menurut Rum, Farizal diperiksa sebagai saksi untuk kasus tersangka Irman Gusman. 

OCTA BARRY

BACA JUGA:
Terima Rp 100 Juta, Irman Gusman Jadi Tersangka
Saat Dicokok KPK, Penyuap Irman Gusman Berstatus Tahanan Kota
Irman Gusman Ajukan Penangguhan Penahanan, Ketua KPK: Nanti Dulu
KPK Kecam Admin Twitter Irman Gusman

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments