hero

EDITOR : REZA ADITYA

21 September 2016, 10:25 WIB

INDONESIA

Peneliti politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, mengatakan hubungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terus mengalami pasang surut. Dalam beberapa waktu, Arya melihat PDIP dan Ahok sering berantem.

"Ahok ini spesial bagi PDIP, kayak orang lagi pacaran kadang berantem kadang mesra," kata Arya kepada NET, Rabu, 21 September 2016. "Tapi ini beda, PDIP sudah langsung sreg dengan Ahok."

Arya melihat ada beberapa faktor yang menyebabkan PDIP sreg dengan Ahok. Jika dilihat dari pola pencalonan kepala daerah sejak tahun 2012, PDIP menurut Arya selalu mencalonkan kader aslinya.

Contohnya adalah pada pemilihan kepala daerah di DKI Jakarta 2012, PDIP mengusung Joko Widodo-Ahok. Kemudian Jawa Tengah di tahun yang sama, partai banteng moncong putih itu mencalonkan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko.

 

"Juga di beberapa basis kuat PDIP, seperti Sulawesi Utara, Sumatera Utara dan Jawa Barat," kata dia.Di tahun ini, PDIP justru rela mencalonkan Ahok yang bukan kader murni. Djarot yang merupakan kader murni PDIP  hanya ditempatkan sebagai wakilnya Ahok.

Faktor tersebut menurut Arya dipilih PDIP lantaran Ahok memiliki kedekatan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Kemudian faktor lainnya adalah pengaruh tingkat elektabilitas di pemilihan selanjutnya yang dianggap menguntungkan partai dan hubungan komunikasi dengan Presiden Joko Widodo. 

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga, mengakui adanya pasang surut hubungan antara partainya dan Ahok. Namun, menurut dia hal tersebut biasa dalam politik. "Dinamika itu biasa, asalkan visi dan misi kami sama dengan Ahok, yaitu mensejahterakan masyarakat Jakarta."

IMS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments