hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

20 September 2016, 16:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gak makan malam, mengurangi porsi makan, minum obat pelangsing, keluarkan jutaan rupiah demi ikut macam-macam perawatan pelangsingan, tapi berat badan yang dinginkan gak juga didapat.

Sounds familiar Guys?

Diet, itu yang dilakukan banyak orang. Banyak yang melakukannya, tapi banyak juga yang belum benar-benar melakukannya dengan benar. Nah, NET.Z rangkum untuk kamu 3 salah kaprah tentang diet.

Diet untuk Menguruskan Badan

Pixabay

Banyak orang berpikir diet hanya dilakukan oleh orang yang kelebihan bobot badan. Padahal, diet sebaiknya dilakukan oleh semua orang. Karena diet itu sendiri artinya adalah pengaturan jenis dan jumlah makanan sesuai tingkat kesehatan seseorang, bukan sekadar mengurangi makanan demi langsing. Misalnya, diet untuk penderita diabetes yang penting untuk diterapkan oleh pengidap diabetes agar bisa mengelola penyakit ini dengan baik.

Diet Hanya Konsumsi Zat Gizi Tertentu

Pixabay

Demi diet, banyak juga yang hanya konsumsi zat gizi tertentu, seperti protein saja atau buah dan sayur saja. Jadinya kurus kaya orang sakit. Nah, ini keliru Guys, “Tubuh kita perlu semua zat gizi. Kalau cuma makan sayur atau buah, kita jadi gak punya protein. Padahal protein tidak boleh kurang saat kita diet. Sehari aja kita gak makan protein, ada aja kerusakan jaringan tubuh, sambungan syaraf bisa-bisa nggak benar,” tutur Ekky Rahardja, spesialis gizi klinik.

Ada juga yang diet dengan menghindari karbohidrat sama sekali. Ini, juga gak baik buat kesehatan kita karena semua zat gizi punya fungsinya masing-masing untuk tubuh. “Ruginya otak kita dari menit ke menit butuh glukosa dari karbohidrat. Dari sudut metabolisme, ginjal dan lever kerjanya jadi berat ketika kita misalnya konsumsi protein tanpa karbohidrat. Karena kita tidak tahu ilmunya, jadi tahu-tahu nanti ginjal atau levernya gagal berfungsi,” tutur Ekky.

Rela Lapar Demi Langsing

Flickr

Jumlah kalori yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jadi kalau bela-belain menahan lapar padahal aktivitas kamu segudang, yang ada kalori yang masih ke tubuh gak sesuai dengan yang kamu butuhin. Menyiksa diri dengan kelaparan, juga gak baik untuk tubuh. Ini bisa membuat fungsi organ tubuh menurun, juga membuka peluang bagi datangnya berbagai penyakit. Diet yang salah juga membuat tubuh gampang lelah, ujung-ujungnya produktivitas jadi turun.

Diet bukan berarti menurunkan komponen penting dalam makanan, tapi lebih bijak memilih makanan sebagai asupan. So, selamat berdiet dan tetap jaga diri kamu sehat ya!

NET INDONESIA MORNING SHOW

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments