hero
Wayne Rooney yang dinilai gagal. (the sun)

EDITOR : TITO SIANIPAR

20 September 2016, 15:45 WIB

INGGRIS

Pelatih Manchester United memarahi pemain-pemainnya karena kekalahan memalukan dari Watford akhir pekan lalu. Meski mengelak bahwa kekalahan dalam tiga partai terakhir bukanlah semata kesalahannya, Jose Mourinho dinilai melakukan banyak hal keliru. 

Kemarahan Mou, panggilannya, terlontar terhadap bek kiri Luke Shaw dan beberapa pemain senior lainnya. Bahkan Mou mengultimatum Wayne Rooney untuk main bagus di pertandingan akhir pekan nanti melawan Leicester City.

"Hal magis tentang Mourinho sudah hilang. Rasanya sama seperti pelatih lainnya yang datang dan pergi," kata salah satu punggawa United. 

Mou usai melawan Watford. (reuters)

Mourinho sendiri ogah disalahkan atas tiga kekalahan berturut, yakni dari Manchester City, Feyenoord, dan terakhir Watford. Jika kalah dari Northampton Town dia ajang Piala Liga besok, maka ini akan jadi sejarah pertama kalinya di karirnya Mou kalah empat kali berturut.

Untuk mencegah hal itu, Mou menerapkan hal baru. "Mereka harus bekerja keras. Mereka harus menunjukkan prilaku yang baik, terkait hasil-hasil negatif tersebut," kata pelatih asal Portugal itu.

Paul Pogba yang belum maksimal. (reuters)

Ia mencontohkan gelandang Ashley Young yang punya prilaku positif dan determinasi tingga. "Kami butuh pemain positif untuk memberikan aura positif di lapangan. Itu dibutuhkan agar kekalahan itu tidak jadi beban," kata dia.

Hasil analisa pengamat di Inggris, ada lima kesalahan dasar Mou atas kekalahan-kekalahan itu. Pertama, terlalu memaksakan Wayne Rooney sebagai playmaker padahal sudah tidak cocok. Yang pas di posisi itu adalah Juan Mata.

Kedua, Paul Pogba sebagai pemain termahal dunia tidak berkontribusi maksimal. Belum ada assist atau gol dari kaki triliunan rupiahnya. Ketiga, pemain United yang malas. Dari lima partai, mereka hanya menempuh total 526 kilometer, terendah di Liga Inggris.

Mou ketika

Keempat, Mou tidak tepat menempatkan Anthony Martial dan berakibat cidera. Sehingga dalam tujuh partai terakhirnya belum berkontribusi apa-apa. Kelima dan paling utama, Mou belum menemukan pola dan kombinasi yang pas buat United.

THE SUN | MIRROR | ESPN

BACA JUGA:
Hattrick Kalah, Mou Ogah Disalahkan
Manchester Telan Kekalahan karena Ogah-ogahan
Lagi, Wenger dan Mourinho Berantem!
Begini Jika Conte Hadap-hadapan dengan Klopp

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments