hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

20 September 2016, 14:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Lihat hunian seru ini!

Ruang TV (NET)
Lemari dari locker (NET)

Ada ruang tv, dapur, ruang makan, ruang kerja, kamar mandi dan 2 kamar tidur. Padahal, hunian di apartemen ini luasnya hanya 30 meter persegi.

Mungil ya? Tapi kok bisa di lahan semungil ini dapat ruangan yang segitu banyak? Kita simak penjelasan dari pemiliknya ya.

Here we go!

Onik (NET)

“Sebenarnya konsepnya simpel. Gw lebih ke fungsi dulu di mana gw harus bisa mewadahi kebutuhan ruang gw. Ketika itu sudah terpenuhi, maka rumah gw dah bisa dibilang compact house, “ tutur sang pemilik rumah, Onik.

Yup, small space, big function! Begitulah Onik menyebut apartemennya ini. Apartemen mungil ini memanfaatkan setiap area dengan fungsi tambahan. Seperti pada area bedroom. Tidak berfungsi sebagai tempat tidur saja, tetapi juga sebagai storage area. Alas tempat tidur dimanfaatkan sebagai storage box dilengkapi tutup dengan lubang sehingga mudah untuk dibuka.

Kamar merangkap storage area (NET)
Lantai sebagai lemari penyimpanan (NET)

Sliding wall yang jadi partisi antara bedroom dan living room dapat digeser untuk mendapat ruang yang lebih luas. Di sliding wall ditempatkan foldable table berwarna cerah yang dimanfaatkan untuk menyimpan makanan dan minuman.

Sliding wall (NET)
Foldable table (NET)
Foldable table (NET)

Menariknya, apartemen Onik memiliki secondary bedroom yang tersembunyi. Di bawah bedroom difungsikan sebagai meja kerja  dan lemari baju. Sedangkan partisi kayu yang menutupi kamar tambahan dapat dibuka sebagai jendela yang mengarah langsung ke televisi.

Secondary bedroom yang tersembunyi (NET)
Lemari baju & meja kerja di bawah secondary bedroom (NET)

Sebelum menata apartemennya, Onik terlebih dulu menentukan apa yang dia inginkan agar bisa tetap nyaman di apartemen mungilnya.

 “Sebaiknya didaftar dulu keperluannya apa, kemudian space yang dibutuhkan seberapa, karena sirkulasi space itu paling makan tempat, juga pastikan apa yang bisa dikombinasikan dengan fungsi-fungsi lain,” tutur Onik.

Onik menunjukkan apartemen dengan lahan sempit dapat kita siasati dengan beberapa langkah sederhana. Small space with big function, why not?

NET D’SIGN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments