hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

19 September 2016, 05:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Dua mahasiswa psikologi dari Universitas Indonesia membuat terobosan. Mereka adalah Ratih Puspa Rahmani dan Lathiffida. Mereka  memberi inspirasi untuk orang tua yang mati gaya ngajak main anak mereka. Inspirasi itu mereka tuangkan di akun Instagram @idemainku.

Ide mainan-mainan  karya mereka, fokusnya untuk pendidikan anak usia dini.

Ratih dan Vida di Indonesia Morning Show

Ratih terinspirasi dari pengalamannya mengajar di sekolah yang menggunakan metode montessori untuk anak usia 3 – 6 tahun. “Setelah resign saya mikir sayang banget kalau ilmu yang saya punya gak saya manfaatin. Lalu saya share di Instagram,” tutur Ratih.

Berbasis metode montessori yang dimodifikasi, permainan anak buatan Ratih dan Fida gak makan biaya mahal. “Metode montessori menekankan kemandirian dan tanggung jawab anak. Juga menstimulasi kebutuhan perkembangan anak. Tapi kan alat-alatnya mahal. Kita coba adaptasi, modifikasi supaya gampang dibuat dari perlengkapan yang ada di rumah,” kata Ratih.

Permainan Buka Tutup Botol (Instagram @idemainku)

Namanya juga permainan untuk anak-anak, jadi sengaja dibuat yang sangat simpel, seperti yang dituturkan Ratih kepada NET, “Seperti mainan buka tutup botol. Menurut orang tua apaan sih buka tutup botol? Padahal menurut anak menarik. Karena buat mereka prestasi bisa buka sendiri, tutup sendiri. Mainan yang kami buat rata-rata melibatkan motorik kasar dan kreativitas anak.”

Sejak terbentuk akhir 2015 lalu, sudah lebih dari 40 jenis montessori yang mereka buat.

Dan ini, dua contoh ide permainan yang bisa juga kamu lihat di Instagram mereka. Bisa kamu coba di rumah bersama anak atau keponakan kamu. Selamat bersenang-senang!

Mengupas telur (Instagram @idemainku)
Menuang kering (Instagram @idemainku)

NET INDONESIA MORNING SHOW

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments