hero
Foto: Instagram @aguynamedpatrick

EDITOR : PUTU DYAH

18 September 2016, 05:35 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kalau buka Instagram atau media sosial lain punya food blogger ada banyak foto-foto makanan. Mulai dari menu tradisional Indonesia sampai menu internasional dari berbagai negara. Tampilannya memang beda-beda. Tapi ada satu kesamaan, semua bikin kita mau langsung mencicipi rasanya.

Penasaran mau bikin Instagram kamu penuh sama foto-foto makanan yang cantik? Berikut tips dari Patrick Janelle, artis Instagram yang juga kontributor di Bon Appétit Magazine.

Perhatikan Cahaya

Foto: Instagram @aguynamedpatrick

Foto apapun, termasuk makanan akan terlihat bagus kalau mendapat pencahayaan yang natural. Tipsnya,pilihlah posisi dekat jendela saat makan di restoran atau tempat makan lain. Perhatikan juga apakah makanan kita akan terpapar cahaya langsung atau tidak. Cahaya terang yang langsung jatuh ke makanan biasanya menghasilkan bayangan yang kuat juga. Kalau begitu, sebaiknya pilih lokasi foto yang mendapat cahaya tidak langsung (indirect sunlight) agar hasilnya terlihat soft.

Tentukan Angle yang Pas

Foto: Instagram @aguynamedpatrick

Angle atau sudut pengambilan gambar mempengaruhi perspektif orang saat melihat foto makanan. Ada dua pilihan yang bisa kamu coba. Pertama angle 45 derajat yang bisa mempertegas objek foto. Untuk itu, kamu perlu memilih satu makanan yang jadi model utama.

Cara kedua yaitu pengambilan gambar dari atas. Angle ini bisa memperlihatkan banyak objek dalam satu frame. Kamu juga bisa bercerita, dengan kehadiran objek hidup seperti tangan seseorang. Tapi ada tantangannya karena posisi tangan harus stabil dan posisi handphone benar-benar rata.

Atur Letak Makanan

Foto: Instagram @aguynamedpatrick

Pengaturan tata letak atau styling penting untuk memberi kesan pada foto kita. Kamu bisa memilih dua teknik. Yaitu dengan styling makanan yang ada di piring, seperti mengatur posisi garnish, saos atau pelengkap lainnya.

Kamu hanya perlu menambahkan bahan secukupnya agar bahan-bahan itu tidak terkesan over di foto.Teknik lainnya adalah mengatur tata letak piring, gelas dan alat-alat makan yang ada di meja. Untuk styling tidak perlu sempurna yang penting terlihat alami.

Kadang kamu nggak dapat posisi sempurna di tempat makan. Misalnya tempat duduk yang tersisa cuma di pojokan dan tempatnya gelap. Kalau begitu, kamu bisa minta bantuan teman untuk memakai handphonenya sebagai sumber cahaya tambahan. Kondisi ini juga dapat kamu atasi dengan menambah atau menurunkan eksposure lewat menu setting di telepon genggam pada saat memotret.

TIME 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments