hero
Ilustrasi penyanderaan oleh milisi. (NET/Alfo)

EDITOR : TITO SIANIPAR

17 September 2016, 21:28 WIB

INDONESIA

Warga Indonesia yang menjadi sandera kelompok Abu Sayyaf akan dibebaskan Minggu, 18 September 2016 besok. 

Informasi yang diperoleh NET dari pihak intelejen yang terlibat dalam pembebasan sandera ini, sebanyak tiga orang akan dibebaskan. Sementara total WNI dalam sekapan para milisi Abu Sayyaf saat ini adalah delapan orang.

Mengenai lokasi dan waktu pelepasan sandera, sang pemberi informasi enggan membagikannya. 

Delapan sandera yang masih disekap adalah awak kapal tongkang Charles 001 yang dirompak pada 20 Juni 2016 dan kapal penangkap ikan LLD113/5/F berbendera Malaysia yang disergap pada 9 Juli 2016.

Kelompok Abu Sayyaf. (bbc)

Penyanderaan kapal tongkang Charles 001 dan kapal tongkang Robby 152 pada 20 Juni 2016 sekitar 11.30 dan 12.45 di Laut Sulu, Filipina. Dari total 13 orang anak buah kapal, tujuh disandera dan enam lainnya dibebaskan.

Pada Sabtu, 9 Juli 2016 tiga orang WNI lainnya kembali menjadi korban penyanderaan. Awak kapal penangkap ikan LLD113/5/F berbendera Malaysia itu disergap di wilayah Felda Sahabat, Lahat Datu, Malaysia. Dari situ, mereka dibawa ke Filipina Selatan.

Pada Rabu, 17 Agustus 2016 salah seorang sandera, Ismail berhasil melarikan diri. Ismail merupakan nahkoda kapal tongkang Charles. Sebelum Ismail, awak kapal Charles lainnya yang berhasil lolos adalah Mohamad Sofyan.

Mohamad Sofyan, korban penyanderaan Abu Sayyaf. (reuters)

Menurut militer Filipina, saat ini kelompok Abu Sayyaf masih menyandera 15 warga negara asing. Mereka diantaranya adalah delapan WNI, lima orang Malaysia, warga Belanda, dan warga Norwegia.

Abu Sayyaf merupakan pecahan dari kelompok pemberontak muslim Moro Filipina atau MILF. Kelompok ini dibuat oleh Abdurrazak Abu Bakar Janjalani, dan pada Juli 2014 mereka berbaiat kepada pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Sejak itu, mereka kerap menyandera orang asing guna mendapatkan tebusan.

TIM LIPUTAN NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments