hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

16 September 2016, 18:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Masih muda, tapi gampang lelah? Lupa meletakkan kacamata lalu sibuk cari ke sana ke sini padahal kacamatanya bertengger di kepala? Kamu pernah mengalami ini gak Guys?

Kalo pernah, hati-hati. Bisa jadi, kamu terserang penuaan dini. Apa itu penuaan dini dan bagaimana supaya kita terhindar dari penuaan dini, Spesialis Gizi Klinik Universitas Indonesia Ida Gunawan punya jawabannya untuk kamu.

Keriput tanda penuaan dini (Pixabay)

Penuaan dini itu, penurunan fisiologis tubuh manusia yang terjadi lebih awal dari seharusnya.

Tanda-tandanya apa? Yang paling gampang yang terlihat di wajah, yaitu keriput! Selain itu, kamu juga mesti hati-hati jika umur baru 20-an atau 30-an awal tapi sudah mulai cepat lelah.

“Dulu kerja dari pagi sampai malam, masih fit dan bugar. Tapi kok sekarang gak kuat ya? Kerja sedikit rasanya udah lesu. Bangun tidur tulang sakit, ngilu. Ini juga tanda-tanda yang paling gampang dikenali. Kalau dibiarkan terus kita bisa lihat hasil medical check up. Kok asam urat naik? Kok darah tinggi? Masih muda kok udah sakit? Ini juga tanda-tanda penuaan dini,” tutur Ida kepada NET.

Penuaan dini, hadir bukan tanpa alasan. Pemicunya banyak. Salah satunya, gaya hidup. Buat kamu yang tinggal di kota besar, pasti sering banget ngerasain hidup yang serba terburu-buru. Dikejar deadline tugas kampus, tugas kantor, deadline penuhi target klien. Nah, seringnya, karena hectic, kita makan sekadar makan. Asal cepat dan mudah didapat, tanpa peduli dengan komposisi gizinya. “Selain pola makan yang gak benar, juga orang kota itu biasanya istirahatnya kurang. Kalau ditanya kapan olahraga? Jawabannya, gak sempat. Kemudian pola hidupnya gak bagus, misal merokok. Karena stres dia memasukkan banyak radikal bebas ke dalam tubuh melalui rokok, juga minum alkohol. Itu semua pemicu penuaan dini,” tutur Ida.

Minuman beralkohol pemicu penuaan dini (Flickr)

Tapi jangan khawatir, ada caranya kok supaya penuaan dini gak cepat-cepat datang. Yang paling gampang, jaga nutrisi kamu. Dengerin lagi nih ya kata Ibu Dokter Ida, “Apa sih yang harus dimakan? Bukan sekadar enak di lidah dan murah meriah. Karbohidrat pilih yang bagus, protein pilih yang bagus, lemak banyak jenisnya. Paling enak kan yang digoreng yang kriuk-kriuk, padahal itu lemak jenuh, pilih yang baik seperti yang ada di olive oil karena kaya akan omega 3.”

Tubuh, modal kita beraktivitas. Jadi make sure, kamu memberi tubuh kamu makanan-makanan sehat ya. Selain itu, juga harus cukup istirahat. Yang terakhir, stop jadikan sibuk sebagai alasan kamu gak berolahraga.

INDONESIA MORNING SHOW NET

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments