EDITOR : PUTU DYAH

16 September 2016, 11:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kalau sudah butuh makan biasanya perut kita bakal keroncongan. Tapi di sini, kita bisa makan sambil keroncongan alias dengerin musik keroncong. Tempatnya di Warung Satai Sederhana yang dikenal juga dengan Satai Keroncong.

Sate Keroncong dengan bumbu kecap yang khas. (Foto: NET/ Fitriadi Angga)

Makanan yang jadi andalan yaitu satai, gulai dan tongseng kambing. Rasanya khas, bumbunya meresap dan dagingnya empuk tanpa bau kambing sama sekali. Warung satai ini didirikan oleh Kirmadi sejak 1965. Dia mengolah bumbu dan daging kambing dengan cara khusus. Tujuannya agar didapat citarasa satai dan gulai kambing yang nikmat, seperti di daerah asalnya di Klaten.

Daging dipilih khusus untuk menghasilkan satai yang nikmat. (Foto: NET/ Fitriadi Angga)

Kirmadi hanya memakai daging kambing muda yang masih empuk. Biasanya dia memilih kambing perempuan yang aromanya tidak terlalu tajam dibandingkan kambing jantan. Bumbunya juga dicampur ke daging sejak proses awal sampai pembakaran agar satai terasa mantap. Satu lagi rahasia nikmatnya, yaitu proses memasak dengan arang kayu yang menghasilkan aroma khas.

Grup musik keroncong jadi ciri warung ini. (Foto: NET/ Fitriadi Angga)

Warung legendaris ini makin kental suasana tempo dulunya dengan alunan musik keroncong yang menemani pelanggan. Awalnya, usaha satai dan pemusik keroncong berjalan sendiri-sendiri. Tapi sejak 15 tahun lalu, kehadiran musisi keroncong nggak bisa lepas dan jadi salah satu ciri warung satai ini.

Harga makanan di sini Rp 60 ribu per porsi. Kalau penasaran mencicipi, kamu bisa datang ke warung satai yang ada di Gang Lele, Jatinegara, Jakarta Timur. Tempat ini buka mulai pukul 10.00 sampai pukul 17.00.

Melina Purba

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments