hero

EDITOR : PUTU DYAH

14 September 2016, 11:05 WIB

INDONESIA

Buah sering jadi makanan untuk diet. Alasannya karena sehat, banyak serat dan kandungan kalorinya nggak sebanyak makanan lain. Tapi apa kamu yakin semua buah cocok untuk diet?

Alpukat

Foto: NET 

Tekstur dagingnya lembut seperti mentega dan mudah dikunyah. Itulah buah alpukat yang sering jadi campuran salad. Dalam 100 gram alpukat terdapat 168 kalori dan 16 gram lemak. Jumlah ini tentunya bisa mengganggu pola diet. Tapi bukan berarti kamu sama sekali nggak boleh makan alpukat lho.

Buah berwarna hijau kekuningan ini kaya kandungan omega 9 yang bisa menurunkan resiko jantung koroner dan tekanan darah. Konsumsi saat diet tetap dibolehkan asal nggak lebih dari 100 gram per hari.

Durian

Foto: NET 

Dari aromanya saja, durian sudah menggoda penggemarnya. Apalagi kalau sudah mencicipi buah yang legit dan manis ini. Tapi dalam 100 gram durian, terdapat 159 kalori. Jumlah kalori yang sama bisa kita dapat dengan mengonsumsi 15 potong keripik.

Selain ancaman kalori, durian juga mengandung karbohidrat dan lemak. Dua komponen ini berpotensi meningkatkan gula darah dalam sekejap. Buat kamu yang mau diet tapi nggak bisa lepas dari durian, batasi konsumsinya hanya 4-6 biji per hari.  

Apel

Foto: NET 

Mengenyangkan. Sensasi itu yang membuat apel jadi buah pilihan diet. Efek kenyang ini disebabkan zat yang disebut pectin. Walaupun perut terasa penuh, sebenarnya efek ini hanya kenyang semu.

Dalam satu buah apel berukuran sedang, ada 69 kalori. Kalau memakannya terlalu banyak bisa melebihi kebutuhan kalori harian kamu. Di sisi lain, apel punya manfaat lain karena tidak menaikkan kandungan gula darah secara drastis.

Sawo

Foto: NET 

Buah yang dagingnya berwarna cokelat dan manis ini bisa memberi banyak energi bagi tubuh. Sawo memiliki kandungan gula tinggi dan dalam satu buahnya terdapat 85 kalori. Untuk yang sedang diet, batasi makan sawo sebanyak 2 buah saja per hari. Atau kurangi sumber makanan manis lainnya agar energi yang masuk daam tubuh tidak berlebihan.

Pisang

Foto: NET 

Pisang seperti jenis Cavendish banyak dipilih karena manis dan bertekstur empuk yang pas di lidah. Tapi dalam 100 gram pisang, terdapat 97 kalori dan kandungan gula tinggi. Bukannya diet, dua hal ini malah bisa menambah berat badan.

Untuk itu, sesuaikan konsumsi pisang dengan kebutuhan kalori harian. Kamu masih bisa mendapatkan khasiat buah berwarna kuning ini dari kandungan kalium dan fosfor. Keduanya mampu mengontrol tekanan darah, menjaga otot dari kram dan menjaga tubuh agar tidak cepat lelah.

TIM LIPUTAN NET 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments