hero

EDITOR : OCTOBRYAN

12 September 2016, 17:55 WIB

BANTEN, INDONESIA

Presiden Joko Widodo membahas soal hukuman mati warga negara Filipina di Indonesia, Mary Jane Veloso saat pertemuan dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. 

Joko Widodo mengaku, dalam pertemuan bilateral yang digelar, Jumat lalu, Rodrigo Duterte mengizinkan Pemerintah Indonesia untuk melaksanakan eksekusi mati terhadap terpidana penyelundupan narkoba Mary Jane Veloso.

"Presiden Duterte menyampaikan silakan kalau memang mau dieksekusi," ujarnya di Serang, Banten, Senin, 12 September 2016.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat, 9 September 2016.

Joko Widodo pun menceritakan perihal kasus yang menjerat wanita berusia 31 tahun tersebut. Dirinya pun menjelaskan mengapa Mary Jane sampai menerima hukuman berat.

"Sudah saya sampaikan perihal kasus Mary Jane dan saya bercerita bahwa Mary Jane membawa 2,6 kilogram heroin. Kemudian, saya sampaikan juga penundaan eksekusinya," tambahnya.

Baca Juga
Pengedar Narkoba Ini Lolos dari Hukuman Mati
Ramai-ramai Tolak Eksekusi Mati
Pemerintah: Hukuman Mati Tak Langgar Hukum Internasional
Berkunjung Ke Indonesia, Jokowi Ajak Duterte Mampir Ke Pasar Tanah Abang

Sebelumnya, eksekusi mati terhadap Mary Jane ditunda oleh Jaksa Agung H.M Prasetyo karena ia harus menjalani proses hukum di Filipina. Hal itu karena perempuan yang mengaku perekrut Mary, Maria Kristina Sergio menyerahkan diri ke kepolisian Filipina. Otoritas Filipina juga menangkap Julius Lacanilao, pasangan Maria dengan tuduhan yang sama.

Mary Jane Veloso adalah warga negara Filipina yang masuk dalam daftar eksekusi mati jilid II pada 25 April 2015 silam. Ia ditangkap di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta karena terbukti membawa heroin pada April 2010. Mary Jane dijatuhi vonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Sleman sesuai Pasal 114 Ayat 2 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

REYSKA RAMADHANI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments