hero
Kemacetan yang terjadi saat Idul Fitri 1437H pada Juli 2016 kemarin\NET. Tim Liputan

EDITOR : REZA ADITYA

10 September 2016, 20:00 WIB

INDONESIA

Libur panjang jelang perayaan hari raya Idul Adha  pada Senin, 12 September dan berdekatan dengan akhir pekan membuat beberapa ruas jalan dipadati kendaraan bermotor. Di kawasan Puncak misalnya, kepadatan arus lalu lintas mulai terlihat sejak Sabtu, 10 September sore. Musababnya,  Puncak masih menjadi destinasi wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor, Ajun Komisaris Polisi Silvia Sukma Rosa, mengatakan kepadatan arus lalu lintas di Puncak melonjak hingga 50 persen ketimbang hari biasa. Akibatnya, diberlakukan buka jadwal buka tutup yang khusus untuk menanggulangi kemacetan.

"Rekayasa lalu lintas diperlukan untuk menanggulangi kemacetan dari arah atas menuju ke Jakarta," kata Silvia, Sabtu, 10 September 2016. "Sebaliknya juga dilakukan buka tutup jalur."

Diprediksi kepadatan lalu lintas akan terus meningkat Sabtu malam sampai dengan Minggu besok. Sejumlah pengendara diimbau untuk menghafal jalur buka tutup khusus yang diterapkan di ruas jalan ke arah Puncak atau sebaliknya.

Sistem Buka Tutup Jalur Puncak

 

Di tempat lain, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian pun ikut memantau langsung arus mudik jelang Idul Adha dan libur panjang di akhir pekan. Tito blusukan melalui ruas tol dalam kota Jakarta sampai dengan ke Brebes, Jawa Tengah.

Tito mengatakan blusukan yang dilakukannya untuk meminimalisir terjadinya penumpukan kendaraan di tol itu. Musababnya, tol keluar menuju Brebes pada Idul Fitri kemarin mengalami luapan kendaraan di luar batas. Publik mengenal insiden itu dengan sebutan 'Brexit.'

Pada blusukannya itu, Tito tidak menemukan adanya kemacetan yang luar biasa. "Kendaraan yang besar, untuk tidak masuk ke tol Cikampek sampai Brebes ini, juga cukup berpengaruh, agar semuanya lancar arus barang dan jasa," kata dia.

Kunjungan Kapolri ke Tol Brebes (Idul Adha 2016)\NET.Marcelinus Agung

 

Selain Puncak dan Brebes, situasi lalu lintas di Jembatan Surmaadu pun mulai terpantau padat. Kepadatan didominasi pengendara yang hendak menyeberang dari Surabaya menuju Madura. Data yang dihimpun petugas, sebanyak 18 ribu kendaraan roda dua mulai memenuhi Jembatan Suramadu.

Warga madura mulai padati jembatan Suramadu\NET. Didik Setia Budi

 

"Pintu tol sisi Surabaya di Jembatan Suramadu peningkatan terjadi pada roda dua, untuk roda empat belum ada kenaikan yang signifikan," kata petugas Tol Suramadu, Anang Apriono. Diprediksi kepadatan di Jemabatan Suramadu akan semakin bertambah pada Sabtu malam dan Minggu siang.

MAYFREE SYARI  | MARCELINUS  AGUNG | DIDIK SETIA BUDI (JAWA TIMUR)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments