hero

EDITOR : PUTU DYAH

9 September 2016, 16:10 WIB

INDONESIA

Menjelang Hari Raya Idul Adha, para pengusaha hewan kurban menerapkan berbagai trik bisnis demi menarik pelanggan. Semua demi memberi tampilan terbaik untuk sapi, kambing atau domba yang mereka jual.

Salon Kambing

Rutinitas mandi di salon kambing.  (Foto: NET)

Maiful, peternak di Ponorogo, Jawa Tengah memberi perlakuan istimewa untuk kambing kurban. Bau tengik khas kambing nggak akan kita temukan di peternakannya yang disebut showroom.

Kambing-kambing di sini rutin dimandikan dengan sabun khusus. Berupa ramuan herbal turun-temurun yang dibuat dari campuran tumbuhan dan buah jeruk. Kuku dan rambut kambing yang terlalu panjang juga dipotong agar terlihat rapi.

Treatment kambing juga dilakukan dari dalam tubuh, dengan rutin memberikan sari buah. Tampilan kambing yang bersih membuat banyak calon pembeli tertarik.

Jamu Kesehatan Kambing 

Jamu diracik rutin untuk kesehatan kambing. (Foto: NET)

Kalau badan mulai pegal dan terasa nggak enak, sebagian orang bakal meminum jamu sebagai obatnya. Fungsi minuman kesehatan ini juga dipakai untuk kambing kurban yang dijual Shinta, peternak dari Tegal, Jawa Tengah.

Perempuan ini membuat ramuan khusus dari kunyit, gula jawa, bawang merah, bawang putih, dan garam. Jamu khusus kambing diberikan rutin sebagai suplemen hewan ternak.

Khasiatnya terbukti. Kambing ternak milik Shinta punya nafsu makan tinggi dan nggak gampang sakit. Hewan ini pun terlihat bugar dan sehat untuk dijadikan kurban.

Cuci Steam Hewan Kurban

Sapi dibersihkan dengan alat cuci steam. (Foto: NET)

Ukuran sapi yang besar membuat Yaya harus putar otak demi menjaga kebersihan hewan ternaknya. Akhirnya peternak asal Garut, Jawa Barat ini memakai alat cuci steam yang biasa dipakai untuk membersihkan kendaraan.

Sapi ternaknya rutin mandi dengan alat ini sebanyak 2-3 kali seminggu. Tekanan airnya bisa diatur. Kalau kotoran yang menempel di tubuh sapi banyak Yaya memakai tekanan tinggi. Tapi kalau sedikit, cukup tekanan rendah.

Lewat cara ini tubuh sapi jadi lebih bersih. Penyakit pun nggak gampang menempel pada hewan ternak.

Sapi Jumbo Andalan

Damar dengan Jacky si sapi jumbo. (Foto: NET)

Damar, seorang peternak di Banyumas, Jawa Tengah memelihara sapi bernama Jacky sejak ukurannya masih kecil. Sapi jenis petal ini berusia 1,5 ton dan sudah memiliki bobot 1,2 ton. Tubuhnya tegap tanpa penyakit.

Postur yang besar jadi andalan Damar menjual hewan ternaknya. Sapi ini sudah ditawar seharga Rp 70 juta tapi baru dilepas dengan harga Rp 80 juta.

Untuk merawat sapi jumbo ini, Damar rutin memberi pakan berupa campuran ampas tahu, katul dan tumbuhan. Meski banyak peminat, penjualan sapi jumbo juga beresiko. Biasanya sapi hanya dijual untuk pembeli berjarak dekat karena kalau cedera, harganya bisa turun.

TIM LIPUTAN NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments