hero
Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte 'blusukan' ke pasar Tanah Abang, Jumat, 9 September 2016. (Biro Pers Istana)

EDITOR : OCTOBRYAN

9 September 2016, 17:50 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Presiden Filipina Rodrigo Duterte tiba di Jakarta pada Kamis malam, 8 September. Meski jadwal resmi Duterte baru diterima oleh Presiden Joko Widodo sore ini, namun mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyiapkan kejutan bagi pria yang mendapat julukan "The Punisher" tersebut.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte 'blusukan' ke pasar Tanah Abang. (Biro Pers Istana)

Jika pada tahun lalu, mengajak Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull. Kali ini, Jokowi mengajak Duterte blusukan ke pasar tradisional Tanah Abang. Menurut Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, tidak semua pemimpin negara diajak Joko Widodo untuk blusukan. Melalui aksi ini, Presiden ingin menunjukkan secara langsung kepada pemimpin dari negara lain cara menyelesaikan isu di lapangan.

"Ini adalah cara Presiden Joko Widodo melihat persoalan langsung di lapangan. Dengan demikian, Beliau juga ingin memberikan contoh kepada pemimpin dunia, sebab persoalan itu tidak bisa hanya dilihat dari perencanaan dan di atas meja saja," ujar Pramono di Istana Kepresidenan, Jumat, 9 September 2016.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte 'blusukan' ke pasar Tanah Abang. (Biro Pers Istana)

Didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kedua pemimpin negara ini berjalan mengelilingi Tanah Abang sampai ke lantai tiga Blok A.

Mereka berdua sempat berbincang di tengah pertokoan di Tanah Abang. Suasana sempat riuh karena masyarakat Indonesia berebut untuk mengambil gambar Jokowi dan Duterte.
 
Kedatangan keduanya memang sangat dinantikan masyarakat. Para pedagang mengaku antusias Presiden ke Tanah Abang, Mereka berharap kedatangannya akan meningkatkan penjualan barang ditokonya. beberapa pedagang bahkan sengaja menyiapkan telepon pintar. Mereka siap-siap ber-selfie dengan Jokowi dan Duterte. Ranti Anwarie, contohnya.

"Senang ya Presiden kesini. Moga aja Laku banyak dagangan. Tapi saya gak sempat salaman dan foto-foto," ujarnya.

Setelah berkeliling selama hampir 30 menit, keduanya berpisah, Presiden Duterte terlebih dahulu meninggalkan Pasar Tanah Abang. Lima menit berselang, giliran Presiden Jokowi meninggalkan Pasar Tanah Abang.

Kedatangan Duterte ke Indonesia merupakan yang pertama setelah menjabat sebagai Presiden Filipina. Rodrigo Duterte menilai Indonesia merupakan negara sahabat yang sangat strategis di kawasan ASEAN.

Isu mengenai penyanderaan WNI, kasus paspor haji palsu, dan soal terpidana mati asal Filipina Mary Jane diperkirakan akan menjadi pokok bahasan dua kepala negara.

INDRA RAHARJA | MELISA ESTER LOLINDU

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments