hero
Petugas Kementerian Kehutanan di lahan PT APSL. (istimewa)

EDITOR : TITO SIANIPAR

8 September 2016, 18:45 WIB

RIAU, INDONESIA

PT Andika Permata Sawit Lestari menolak disalahkan atas kebakaran yang terjadi di lahannya. Api yang menyebabkan kebakaran lahan disebut bersumber dari lahan milik masyarakat yang ada di sekitar.

"Asalnya bukan dari kami. Itu asal mula dari lahan masyarakat lain. Bukan dari masyarakat kelompok tani," kata Humas APSL Novarina Sirait, Pekanbaru, Kamis, 8 September 2016. 

Kementerian Kehutanan menyelidiki kebakaran yang terjadi di lahan milik APSL seluas 2 ribu hektar. Malangnya, tim penyidik PNS dan polisi hutan diturunkan ke lapangan untuk mengumpulkan bukti, malah disandera sekelompok orang. Mereka juga diancam dibunuh.

Para petugas korban penyanderaan. (NET)

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan penyanderaan itu melecehkan negara beserta aparatnya. Siti sendiri bertekad akan terus melawan para pembakar hutan. "Saya tidak akan mundur selangkah pun," kata Siti.

APSL, lanjut Novarina, mendukung penegakan hukum atas pembakaran hutan yang terjadi. "Tolong aparat berwajib menindak tegas yang mensabotase kebakaran hutan ini. Biar jelas," kata Novarina.

Pasca penyanderaan tim Kementerian Kehutanan, Kepolisian Daerah Riau mengutus tim untuk menyelidiki penyebab kebakaran di lahan APSL. "Kami masih mengumpulkan bukti dan keterangan saksi yang terlibat," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo.

AKBP Guntur Aryo dan Humas APSL Novarina Sirait. (NET/Oki)

Senada dengan APSL, menurut Guntur, api berasal dari luar lahan milik kelompok tani yang merupakan binaan perusahaan. "Itu hasil penyelidikan sementara," kata Guntur.

OKI SULISTIO

BACA JUGA:
Selidiki Kebakaran, Penyidik Kehutanan Diancam Dibunuh
Kapolri: Polisi Daerah Nggak Boleh Hentikan Kasus Kebakaran Hutan!
Heboh Foto Petinggi Polda Riau dan Bos Perusahaan Sawit
Hendak Padamkan Api, Petugas Karhutla Ditembaki oleh Perambah

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments