EDITOR : DEWI RACHMAYANI

8 September 2016, 16:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Lagi memulai bisnis? Atau memang sudah punya bisnis tapi kok gak maju-maju ya? Mungkin nih Guys, ada 1 hal yang terlupakan atau memang belum maksimal kalian lakukan, yaitu membangun networking.

Membangun sebuah networking, mutlak dilakukan entrepreneur. Alasannya, karena membangun atau mengembangkan suatu bisnis bukanlah hal mudah. Oleh karenanya entrepreneur membutuhkan lingkungan dan teman yang mempunyai passion yang sama.

Networking sendiri bisa didapat dari mana saja, salah satunya dari pertemanan lama. Seperti yang dialami Yulia, pemilik perusahaan Seven Logistics. Ia mengungkapkan usaha yang dibangunnya satu tahun lalu ini, berawal dari pertemuannya dengan teman SMA pada 2008 silam. "Jadi 2008 waktu saya bertemu dengan Rezky, teman SMA yang saat ini telah mempunyai bisnis di berbagai bidang, salah satunya event organizer. Nah saya jadi terpacu karena lihat Rezky. Rezky pun mendorong saya untuk membuka usaha dan terus memberikan ilmu bisnisnya ke saya," kenang Yulia.

Reuni kawan SMA (NET/ Musthafa Amir Salim)

Buat Yulia, networking bagi seorang entrepreneur adalah harga mati. "Networking itu jantungnya bisnis karena networking itu inti dari kita dalam berbisnis. Percuma kalau punya uang dan kreatifitas tapi gak ada networking ya sia-sia," ujarnya.

Kini dalam waktu yang cukup singkat, berkat kuatnya networking, perusahaan yang dipimpin Yulia sudah memiliki omzet 1,5 miliar hingga 2 miliar rupiah per tahun. Nah, bagi kamu yang ingin membangun networking tapi masih bingung, Yulia bagi-bagi tips nih.

NET (Felysia Agustin)

Sama sepertu Yulia, Prieka Khusnul Khatima pemilik perusahaan Jmax Indonesia yang bergerak di bidang recruitment pun merasa networking hal yang sangat penting. Prieka mengaku pernah mendapat tender senilai 2 miliar rupiah dari klien yang diperkenalkan teman lamanya. "Karena saya kuliah di Jepang, saat balik ke Indonesia saya gak punya networking akhirnya saya hubungi teman lama dan saya bercerita ingin mendirikan bisnis. Singkatnya saya diberikan jalan oleh teman saya sampai akhirnya bisa mendapatkan tender yang cukup besar," ungkap Prieka.

Usaha yang dibangun Prieka sejak 2013 lalu ini, sekarang sudah memiliki omzet hingga 3 miliar rupiah per tahun. Sama seperti Yulia, Prieka juga gak pelit bagi-bagi tips sukses membangun networking.

NET (Felysia Agustin)

Hmmm...pentingnya networking, beneran bukan cuma teori di buku-buku kuliah atau buku bisnis, Guys. Banyak pengusaha sudah membuktikannya, termasuk Prieka dan Yulia.

So, are you ready to build your own networking?

DEVY ASHARI | MUSTHAFA AMIR SALIM

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments