hero
Eric menunjukkan bukti laporannya ke polisi. (NET/Yudha)

EDITOR : TITO SIANIPAR

7 September 2016, 17:10 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

Seorang pria asal Surabaya, Eric Priyo Prasetyo mengaku kehilangan uang di rekening Bank Danamon miliknya sebesar RP 420 juta. Pembobolan rekening dilakukan melalui aplikasi mobile banking.

"Pelaku menelpon mengaku dari bank," kata Eric dalam konferensi pers di Surabaya, Selasa, 6 September 2016. "Totalnya (yang hilang) ada Rp 420 juta," tambah pria berusia 35 tahun ini.

Menurut Eric, uang hilang lewat aplikasi mobile banking yang tersedia. Kejadian ini baru mendapatkan perhatiannya tatkala akun surat elektronik atau emailnya berubah sandi karena dibobol seseorang pada awal Juni 2016 lalu.

Hampir bersamaan dengan kejadian itu, Eric mengaku mendapat telepon dari seseorang yang mengaku dari Bank Danamon. "Dia meminta kode aktivasi telepon seluler saya," kata Eric yang berprofesi sebagai pengajar Kedokteran Gigi Universitas Airlangga ini.

Aplikasi di telepon selulernya, kata Eric, terkoneksi dengan email. Biasanya kode aktivasi aplikasi akan dikirim ke telepon seluler sebelum transaksi. Namun ia mengaku tidak pernah melakukan transaksi apapun, dan tiba-tiba uangnya raib.

Suasana konpers Eric bersama kuasa hukumnya. (NET)

Transfer dari rekeningnya terjadi antara 5 Juni 2016 hingga 6 Juni 2016 sebanyak sembilan kali ke nomor rekening yang berbeda-beda. "Ternyata uangnya berpindah ke orang-orang bernama Umar Adi Alamsyah, Abdul Hakim, Haries Budianto, Supriani, dan Iwan," kata kuasa hukum Eric, Nizar Fikkri.

Eric sendiri curiga ada bantuan dari orang dalam Danamon yang membantu pelaku. "Semua data, nomor telepon, username, pasword, email, semua ada di Danamon. Pelaku bisa tahu dari mana?" kata dia.

Merasa dirugikan, Eric melaporkan kejadian itu ke Kepolisian Daerah Jawa Timur setelah kejadian tersebut. Selain polisi, laporan juga dilakukan kepada Otoritas Jasa Keuangan karena sistem pengamanan perbankan yang dinilai lemah.

YUDHA WARDANA

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments