hero
Pep vs Mou. (NET/Ebi)

EDITOR : TITO SIANIPAR

7 September 2016, 00:05 WIB

INGGRIS

Jelang laga derby antara Manchester City dan Manchester United akhir pekan ini, kisah pelatih kedua kubu menjadi perhatian media-media. Bahkan polisi Inggris ikutan meningkatkan keamanan karena rivalitas mereka.

Pep Guardiola, pelatih City, pernah berada satu kubu dengan Jose Mourinho yang kini melatih United. Sejak 1996 mereka bekerja sama membesarkan Barcelona. Mou ketika itu adalah asisten pelatih, sementara Pep adalah tulang punggung lini tengah Los Blaugrana.

"Kami sering berdiskusi dan bertukar ide," kata Pep. "Itu adalah pertemanan yang berjalan baik dalam sebuah hubungan," imbuh pria kelahiran 18 Januari 1971 ini.

Pep dan Mou 1996. (Marca)

Bahkan pada Mei 1997 ketika Barcelona dilatih Bobby Robson, mereka bahu membahu merebut gelar Piala Winner. Pasca mengalahkan Paris Saint Germain di final, mereka terlihat berpelukan di tengah lapangan Stadion Feyenord, Rotterdam, Belanda.

"Iya, saya masih punya foto kejadian itu," kata Mou kepada televisi Spanyol, Cadena Ser. "Kami memang pernah dekat," tambah pria kelahiran 26 Januari 1963 ini.

Namun kisah manis keduanya berakhir pada 2000 ketika Mourinho pindah ke Benfica, Portugal. Sementara Pep masih bertahan sebagai pemain Barcelona hingga 2001. Kisah manis itu berujung pada perseteruan.

Pada 2010, Mou kembali ke Liga Spanyol melatih musuh bebuyutan Barcelona, yakni Real Madrid. Ketika itu, Pep sudah melatih Barcelona --sejak 2008. Duel dua klub raksasa itu selalu jadi pusat perhatian penggemar sepak bola sejagad.

Mou dan Pep 2012. (BBC)

Suhu El Clasico yang termasuk pertandingan terpanas, bertambah dengan keberadaan keduanya di masing-masing tim. Total 10 kartu merah buat pemain kedua kubu menjadi bukti panasnya persaingan itu.

Dari total 16 kali pertemuan mereka sebagai pelatih, catatan Pep lebih moncer dengan memenangkan tujuh laga. Mou sendiri baru memenangkan tiga laga, dan sisanya berakhir seri.

Tapi Mou punya keuntungan tersendiri, yakni pernah menangani tim Liga Inggris Chelsea. Dua musim bersama Chelsea sejak 2013, Mou didepak pemilik Roman Abramovich karena sejumlah catatan, termasuk insidennya dengan dokter tim Eva Carniero.

Di Inggris, keduanya sama-sama memulai di musim 2016-2017 ini. Pep datang dari Jerman usai menangani Bayern Munchen, sementara Mou sempat menganggur setahun terakhir. Ini merupakan babak baru rivalitas keduanya.

Dari tiga partai awal Liga Inggris, kedua tim sama-sama mengoleksi poin sempurna. Persaingan sekota, sama-sama mengincar juara, ditambah rivalitas kedua pelatih membuat duel Manchester dipastikan panas.

Suasana panas inilah yang ditangkap polisi Inggris untuk lebih bersiaga. "Tak diragukan, ini adalah pertandingan besar musim ini. Dunia akan menontonnya," kata Inspektur Kepala Dean Howard, dari Kepolisian Manchester.

Dean ingin memastikan pertandingan berjalan tanpa insiden, meski catatan suporter kedua tim pernah sama-sama melanggar hukum. "Polisi hendak menunjukkan Manchester aman untuk pertunjukan sepak bola seperti ini," ujarnya.

TITO SIANIPAR | FELYSIA AGUSTIN | DAILYMAIL | BBC | ESPN

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments