EDITOR : PUTU DYAH

7 September 2016, 06:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kalau menjelang masuk sekolah murid-murid di Indonesia sibuk beli seragam baru, beda cerita sama murid di Amerika Serikat.  Mereka justru datang ke toko-outlet brand terkenal seperti H&M dan Nike. Murid-murid ini mencari fashion items seperti bomber jacket, celana jeans dan sneakers yang jadi tren seragam sekolah di Amerika.

Bomber jacket jadi outfit pilihan ke sekolah di tahun 2016. (Foto: APTN)

Musim sekolah dan masuk kuliah mengalirkan banyak uang untuk para retailer. Momen ini jadi musim belanja terbesar kedua di Amerika, setelah belanja liburan musim dingin.

Lembaga US National Retail Federation dan Prosper Insights & Analytics juga meneliti pengeluaran untuk kebutuhan murid sekolah. Mulai dari level TK sampai tingkat kuliah. Untuk tahun 2016, total pengeluaran untuk keperluan back to school mencapai US $ 75,8 miliar atau lebih dari Rp 1.000 triliun. Uang ini dipakai untuk beli baju, perlengkapan elektronik dan aksesori sekolah lainnya.

Bukan cuma pelajar perempuan, pelajar laki-laki juga berburu barang branded. (Foto: APTN)

Dari penelitian juga diketahui, kalau tingginya konsumsi baju dan perlengkapan sekolah bukan cuma alasan kebutuhan. Tapi ini menjadi cara anak-anak sekolah untuk mengekspresikan diri mereka.

Di salah satu sekolah, Harvard Westlake bahkan ada fashion awards. Jadi tiap murid terdorong untuk memberi tampilan terbaik dalam momen apapun di sekolah. Mereka bakal mencari the best outfit yang bisa dipakai untuk presentasi di kelas sekaligus hang out bareng teman-temannya.

Celana jeans warna-warni jadi pilihan buat ke sekolah. (Foto: APTN)

Buat kamu yang nggak mau ketinggalan fashion pelajar Amerika, NETZ bakal kasih tahu trennya. Di pertengahan tahun 2016 ini, atasan berwarna terang seperti oranye jadi pilihan tepat. Kamu bisa memadukannya dengan jeans. Baik jaket jeans, mini skirts, jeans retro, atau jeans beraksen robek dan pudar.

Sepatu sneakers masih jadi andalan para pelajar. (Foto: APTN)

Untuk outer, bomber jacket jadi yang paling banyak dicari pelajar laki-laki dan perempuan. Kalau mau tampil lebih feminin pilihannya ada kimono wrap yang berbentuk seperti cardigan. Sedangkan alas kakinya, berupa sepatu sneakers yang stretchy dan berwarna terang. Kalau sudah pake outfit itu, kamu bakal jadi pusat perhatian di antara teman-teman lainnya. 

APTN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments