EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

6 September 2016, 12:05 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

Hobi mendatangkan rezeki, itu yang dialami oleh Ayu Citra seorang mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Airlangga, Surabaya. Kecintaannya terhadap dunia karikatur dijadikan bekal untuk membuka usaha karikatur wajah digital yang ia beri nama Baasithu. Nama itu diambil dari Asmaul Husna “Al-Basith” yang berarti Sang Pemberi Rezeki.

Ayu Citra. (NET.CJ/Elvina Rahmantika)

Meskipun awalnya hanya coba-coba, ternyata bisnis yang ia rintis empat tahun lalu banyak diminati anak muda hingga bertahan sampai saat ini. Baasithu menawarkan jasa desain digital ke dalam berbagai media, mulai dari kertas foto, jam dinding, bantal, kaos, dan mug. Kebanyakan pelanggan Ayu memilih menggunakan media kertas foto yang dibingkai dengan pigura sebagai hadiah ulang tahun, wisuda ataupun pernikahan.

Bisnis Karikatur Wajah. (NET.CJ/Elvina Rahmantika)

Bisnis Ayu telah dikenal hampir ke semua provinsi di Indonesia, karena pemasarannya menggunakan media sosial. Harga satu buah karya karikaturnya dipatok sekitar Rp 70 ribu per kepala. Jika dalam satu gambar terdapat lebih dari satu kepala, maka Ayu akan membebankan biaya tambahan dengan masa pengerjaan 1-2 hari.

Bisnis Karikatur Wajah. (NET.CJ/Elvina Rahmantika)

Kesuksesan usaha Ayu ini membuktikan bahwa anak muda yang ingin berwirausaha bisa memulainya dari hobi. Asalkan ada kemauan dan kerja keras untuk mengasah serta mengembangkannya.

NET.CJ ELVINA RAHMANTIKA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments