EDITOR : PUTU DYAH

5 September 2016, 07:05 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Masih ingat sama kampung warna-warni yang ada di Jodipan, Malang?

Kampung Jodipan, Malang. (Foto: NET CJ)

Nggak jauh dari situ, tepatnya di seberang Kampung Jodipan, kita bisa melihat Hulk dan ikan hiu yang mulutnya menganga. Dua-duanya siap mencengkeram siapa saja yang ada di dekatnya. Tapi yang aneh, orang-orang nggak menjauh dan malah selfie bareng dua karakter ini.

Foto: NET/ Tutus Sugiarto

Pemandangan unik ini ada di Kampung Brantas, Kesatrian, Malang. Kampung yang dulu dikenal kumuh, sekarang jadi tujuan wisata orang-orang yang hobi selfie. Awalnya, Edy Suprianto salah satu warga kampung Brantas, hanya membuat  lukisan hiu di gang kampung. Lama-lama ada 26 gambar tiga dimensi yang jadi spot selfie.

Foto: NET/ Tutus Sugiarto

Banyaknya lukisan tiga dimensi membuat Kampung Brantas dikenal dengan Kampung Tridi. Selain senang karena tempat tinggalnya jadi lebih berwarna, warga juga dapat keuntungan lain. Lukisan di Kampung Tridi menarik wisatawan untuk datang ke sini. Siapa saja bebas datang tanpa dipungut biaya, selain parkir motor sebanyak Rp 2 ribu. Uang retribusi parkir dikumpulkan warga untuk biaya perawatan kampung.

Parkir motor pengunjung jadi salah satu lahan penghasilan warga. (Foto: NET/ Tutus Sugiarto)

Rencananya Edy dan warga di Kampung Tridi akan membuat 90 karakter tiga dimensi dan mural. Rumah warga, tembok sampai jalanan kampung bakal dibuat warna-warni dan penuh karakter. Fasilitas umum seperti tempat duduk dan toilet juga ditambah untuk melengkapi Kampung Tridi sebagai tujuan wisata selfie.

TUTUS SUGIARTO

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments