hero

EDITOR : REZA ADITYA

5 September 2016, 09:25 WIB

INDONESIA

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, mengatakan anak yang menjadi korban prostitusi online tidak boleh dikucilkan  di lingkungan masyarakat. Dia mengatakan anak-anak itu justru harus diberikan perlakuan yang adil tanpa membeda-bedakannya dengan anak-anak lain.

"Karena mereka ini korban, jadi harus diberikan perhatian khusus," kata Arist, kepada NET, Senin, 5 September 2016. "Jadi jangan dibeda-bedakan atau pun dianggap sebagai sesuatu yang aib."

Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Kementerian Sosial Edi Suharto mengimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam memperlakukan anak yang menjadi korban prostitusi online. Seorang anak, kata Edi, akan kembali ke bisnis prostitusi jika lingkunga masyarakat menganggapnya remeh.

"Kita tidak boleh langsung menghakimi, harus ubah perspektif terhadap anak yang menjadi korban bisnis prostitusi," kata Edi. "Jangan memberikan stigma kepada mereka."

Pixabay

 

Edi juga berharap keluarga dan masyarakat bisa merangkul dan menerima anak-anak yang menjadi korban bisnis haram tersebut. Penerimaan keluarga dan masyarakat, kata Edi, dengan sendirinya bisa mengubah dan membuat kesadaran kepada anak dan mencegah terulangnya mereka ke dalam dunia hitam.

"Apalagi anak-anak ini yang harus diterima kadarnya kan masih labil," kata dia. "Kami beri penyuluhan juga kepda orang tua dan guru."

Bisnis prostitusi online kembali terungkap. Tim Sub Direktorat Cyber Crime, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menggerebek hotel di Jalan Raya Puncak, Cipayung, Bogor. Sebanyak 99 anak diduga dipekerjakan sebagai objek seks sejak 2015. Anak-anak itu dipekerjakan untuk memenehi hasrat bejat penyuka sesama jenis.

Edi berharap polisi bisa mengungkap sindikat yang lebih besar modus bisnis esek-esek ini. Begitu juga dengan Arist, yang berharap Komnas PA menemukan otak di balik usaha bejat tersebut.

IMS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments