EDITOR : PUTU DYAH

2 September 2016, 16:20 WIB

BALI, INDONESIA

Selama ini, wisata air di Bali identik dengan kawasan Tanjung Benoa. Sekarang ada pilihan tempat lain, yaitu Pulau Serangan. Di sini ada 3 olahraga air yang wajib kamu coba. Semuanya seru, memacu adrenalin dan pastinya sayang kalau dilewatkan.

Seabreacher

Bagaimana ya rasanya ada di dalam tubuh ikan? Sensasi ini bisa kamu nikmati dengan naik seabreacher yang juga disebut lumba-lumba besi. Wahana olahraga air ini termasuk yang baru ditawarkan di Bali. Kalau di atas permukaan air, seabreacher bisa naik sampai ketinggian 6 meter dan melaju dengan kecepatan 80 km/jam. Sedangkan kalau di bawah air, kendaraan ini bisa menyelam sampai kedalaman 2 meter dengan kecepatan 40 km/jam.  

Foto: NET/ Dewa Priana 

Satu seabreacher cukup untuk dua orang. Satu orang penumpang dan satu pendamping yang mengendalikan kendaraan ini. Pilot seabreacher biasanya iseng membawa kendaraan dengan cepat sambil dibelokkan ke sana-sini. Buat yang belum biasa, siap-siap merasakan sensasi perut dikocok karena aksi ini. Untuk keselamatan, setiap orang di dalam kendaraan air ini harus memakai helm dan safety belt.

Diving

Bali punya banyak pilihan diving spot. Salah satunya di Pulau Serangan. Lokasi selam di sini nggak jauh dari bibir pantai. Kita akan dibawa dengan perahu motor, menuju titik selam yang dimulai dari kedalaman empat meter. Dari sini, kita sudah bisa menyaksikan beragam terumbu karang yang ada di dasar air. Mau view yang lebih cantik? Kamu dapat menyelam lebih dalam sampai enam meter dan berinteraksi langsung dengan ikan-ikan.

Foto: NET/ Dewa Priana 

Buat yang nggak punya peralatan selam, seperti baju dan diving gear lain, tenang saja. Ada fasilitas peminjaman yang juga menyediakan pemandu. Ini juga bagian dari SOP selam yang mengharuskan adanya buddy atau pendamping. Jadi kalau belum pernah menyelam, kamu tetap bisa diving dengan tenang.  

Jetovator

Terbang di atas air, emang bisa? Jawabannya bisa banget. Pengalaman ini bisa didapat dengan mengendarai jetovator. Bentuknya serupa jet ski yang dilengkapi pengontrol  seperti sepeda. Di bagian bawah ada selang yang berfungsi untuk mendorong ke atas dengan menghisap air dan menyemburkannya.

Foto: NET/ Dewa Priana 

Jetovator bisa mengangkat penumpangnya sampai ketinggian 9 km dengan kecepatan 40 km/jam. Bukan cuma di atas air, alat ini juga mampu menyelam hingga kedalaman tiga meter. Untuk yang baru mencoba, kamu harus pegangan kuat. Apalagi kalau belum terbiasa mengendalikan, kita bisa terjatuh berkali-kali ke dalam air.

Biaya setiap olahraga air bervariasi. Untuk wisatawan domestik, siapkan uang Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta. Sedangkan kalau wisatawan mancanegara, tarifnya Rp 250 ribu sampai Rp 1,5 juta. Sambil menikmati keseruannya, jangan lupa perhatikan faktor keamanan dengan mengikuti setiap aturan olahraga air ini.  

VERRA ZENVIA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments