hero

EDITOR : TITO SIANIPAR

2 September 2016, 00:15 WIB

INGGRIS

Liga Inggris dipastikan akan lebih menarik di musim 2016-2017 ini. Pelatih-pelatih top bersaing jadi yang terbaik di liga Negeri Ratu Elizabeth itu. Pemain-pemain hebat yang didatangkan juga membuat transfer Liga Inggris menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah.

Total uang yang dikeluarkan klub-klub Liga Inggris di tahun 2016 ini mencatat rekor tertinggi sepanjang sejarah Liga Inggris, yakni total 1,165 miliar Poundsterling, atau sekitar Rp 20,5 triliun. Sebanyak 155 juta Pounds, sekitar Rp 2,7 triliun dikucurkan pada hari terakhir transfer, 31 Agustus 2016 lalu.

Menurut analis keuangan Deloitte, Dan Jones, dari angka itu, sekitar sepertiganya didominasi oleh empat tim elit Liga Inggris. Yakni Arsenal, Leicester, Manchester City, dan Tottenham Hotspur. Keempatnya total menghabiskan 385 juta Pounds, atau sekitar Rp 6,77 triliun.

Daftar pengeluaran masing-masing liga Eropa. (bbc)

Kedatangan pelatih-pelatih kelas dunia ke Liga Inggris dipercaya membuat transfer pemain lebih hidup. Mereka antara lain Pep Guardiola (Manchester City), Jose Mourinho (Manchester United), Antonio Conte (Chelsea). Sebelumnya juga ada Jurgen Klopp (Liverpool), Arsene Wenger (Arsenal), dan Claudio Ranieri (Leicester City).

Yang juga menarik adalah nilai transfer di hari terakhir yang sebesar Rp 2,7 triliun merupakan pengeluaran terbesar sepanjang sejarah untuk satu hari terakhir transfer. Angka yang paling mendekati nilai itu adalah 140 juta Pounds, atau sekitar Rp 2,4 triliun pada tahun 2013.

Sejatinya, nilai transfer itu tak seberapa dibandingkan pemasukan bagi klub-klub Liga Inggris. Dari hak siar saja, seluruh pemasukan bagi klub Liga Inggris adalah sebesar 5,1 miliar Pounds, sekitar Rp 90 triliun. Itu belum termasuk pemasukan tiket, merchandise, iklan, dan sebagainya.

Mantan pemain Inggris Trevor Sinclair mengatakan banyaknya uang yang beredar di Liga Inggris menandakan tingginya permintaan. "Orang-orang menuntut atau mengharapkan untuk bisa menonton Liga Inggris," kata Sinclair.

Dari transaksi-transaksi angka fantastis itu, tambah Sinclair, yang paling diuntungkan adalah para pemain itu sendiri. "Mereka yang membuat semua ini terjadi," kata mantan gelandang West Ham dan Manchester City ini.

Salah satu yang kerap jadi pemberitaan adalah transfer Paul Pogba yang dibeli Manchester United dari Juventus. Nilai transfernya 89 juta Poundsterling menjadi angka transfer tertinggi dunia saat ini. Pemain Prancis ini mengalahkan transfer Gareth Bale dan Cristiano sebelumnya.

Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. (skysports)

Selain Manchester yang membeli Pogba, beberapa klub lainnya juga mencatat angka transfer terbesar sepanjang sejarahnya. Mereka adalah:
Liverpool: Sadio Mane, 36 juta Pounds
Crystal Palace: Christian Benteke, 32 juta Pounds
West Ham: Andre Ayew, 20,5 juta Pounds
Leicester City: Islam Slimani, 29 juta Pounds
Southampton: Sofiane Boufal, 16 juta Pounds
Swansea: Borja Baston, 15,5 juta Pounds
Bournemouth: Jordon Ibe, 15 juta Pounds
Sunderland: Didier N'Dong, 13,6 juta Pounds
Hull City: Ryan Mason, 13 juta Pounds
West Brom: Nacer Chadli, 13 juta Pounds
Watford: Roberto Pereyra, 13 juta Pounds
Burnley: Jeff Hendrick, 10,5 juta Pounds

TITO SIANIPAR | BBC | ESPN | MIRROR | DAILYMAIL

BACA JUGA:
Ini 10 Transfer Pemain Termahal Liga Inggris 2016-2017
David Luiz Kembali ke Chelsea
Arsenal Dapatkan Mustafi dan Perez
Diultimatum Tim Nasional, Joe Hart Main di Liga Italia

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments