hero
(Warning Project)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 September 2016, 14:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Virus Zika mulai merebak di Singapura akhir-akhir ini. 41 orang terinfeksi virus Zika, 34 orang sudah pulih dan tujuh orang lainnya masih di rawat di Rumah Sakit Tan Tock Seng, Senin, 29 Agustus 2016 lalu. Sebagian besar pasien yang terinfeksi virus ini adalah pekerja bangunan. Sebagai negara tetangga, Indonesia mulai waspada. Tapi, tahu kah kamu apa itu virus Zika?

Dikutip dari WHO (World Health Organization), virus ini pertama kali ditemukan di Hutan Zika, Uganda, Afrika Timur tahun 1947. Zika pertama kali menyerang monyet dan mulai menginfeksi tubuh manusia di tahun 1950. Seiring berkembangnya waktu, virus ini menyebar ke beberapa daerah tropis seperti Asia dan Amerika Selatan.

Sample Nyamuk Aedes. (Reuters)

Virus ini menyerang tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes, sejenis nyamuk pembawa virus demam berdarah Dengue. Semakin menghawatirkan, karena bisa menyebar melalui hubungan seksual dan diduga berbahaya bagi kehamilan. Ibu hamil terinfeksi Zika, kebanyakan anaknya terlahir microcephaly atau lahir dengan kepala mengecil dan memiliki kelainan saraf.

Ilustrasi Kondisi Balita Terserang Virus Zika. (Wikipedia)

Jika terserang virus Zika, demam akan terus menerus terjadi dan nggak turun meskipun telah minum obat penurun panas. Rata-rata suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius. Kepala pening disertai nyeri, ngilu di persendian, mata memerah dan berair serta ada ruang pada kulit. Gejala ini bisa berlangsung hingga seminggu. Virus ini umumnya tidak mematikan, bagi tubuh memiliki sistem kekebalan kuat bisa sembuh dalam waktu 7-12 hari.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk terhindar dari virus ini yaitu dengan membersihkan dan menyeprotkan obat nyamuk di beberapa sarang nyamuk. Kamu juga bisa menggunakan baju yang menutupi sebagian tubuh dan hindari warna gelap.

WHO | TIM LIPUTAN NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments