hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

1 September 2016, 05:25 WIB

JEPANG

Di banyak negara, KitKat adalah kombinasi wafer dan cokelat.

Tapi di Jepang, KitKat adalah...gado-gado. Dibilang gado-gado, karena rasanya luar biasa banyak. Paling nggak, di Negeri Sakura ini KitKat hadir dalam 300 rasa!

Ada rasa wasabi, jeruk nipis, puding labu, sake, green tea, apel, sandwich kacang daaaan banyak lagi. Yang pasti, rasanya sangat beda dari KitKat original yang dibuat di Inggris tahun 1930.

Dan kini, penjualan KitKat di Jepang jadi yang terbesar kedua di dunia setelah di Inggris. Padahal pasar Jepang terkenal sebagai pasar yang sulit ditembus oleh produk dari luar negeri.

Hmmm...apa ya yang bikin KitKat di Jepang begitu fenomenal?

Pastinya karena tim marketingnya yang keren-keren strateginya. Penyebab lain, karena faktor keberuntungan di bahasa. Kata Kitkat sangat mirip dengan ‘kito kato,’ yang dalam bahasa Jepang artinya, ‘pasti menang.’

Dan ‘kito kato’ adalah kalimat yang umum diucapkan orang tua kepada anak-anak mereka yang akan ujian, terutama yang akan ikut ujian masuk perguruan tinggi. Gak cuma hadiah orang tua kepada anak, KitKat juga kerap jadi bingkisan sesama teman. “Di Jepang ada tradisi saling memberi dan KitKat terlibat di sini,” kata Ryoji Maki, manajer marketing KitKat di Jepang. Dan tradisi inilah yang jeli dimanfaatkan oleh tim marketing KitKat.

Selain itu, tim marketing juga jeli mengambil untung dari kebiasaan orang Jepang yang senang membeli oleh-oleh khas suatu daerah. Produsen KitKat memanfaatkannya dengan memproduksi rasa berbeda di setiap daerah. Inilah yang diburu konsumen dan dijadikan oleh-oleh dari daerah bersangkutan.

Hal lain yang jeli diamati oleh tim marketing, adalah karakter orang Jepang yang sangat menghargai tradisi, tapi juga sangat menyukai terobosan. Karena itulah, rasa baru KitKat gak berhenti diproduksi. Sampai kini setidaknya sudah ada 300 variasi rasa KitKat. Macam-macam rasa ini baru diproduksi awal tahun 2000-an.

Pilihan Kitkat untuk tampil dengan beragam rasa unik, juga terpacu oleh tingginya persaingan. Dalam setahun, setidaknya 2000 kudapan baru diproduksi di Jepang. Jadi, gak cukup jika hanya menawarkan dark chocolate dan milk chocolate.

Dan terbukti, produk Inggris ini telah berhasil merajai pasar Jepang, termasuk mengalahkan produk-produk asli Jepang seperti Meiji. Kini, setiap harinya diproduksi 4 juta KitKat ukuran mini, artinya dalam setahun diproduksi 1,5 miliar KitKat di Jepang!

Ckckckck...luar biasa ya! Kombinasi dari produk unggul dan strategi marketing yang ciamik, membuat produk satu ini terselip di momen-momen santai jutaan konsumennya. Kira-kira, sesuai lah seperti jargonnya, ‘Ada break, ada KitKat!’

CNN

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments