hero
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Ratu Maxima di Istana Merdeka, Jakarta, 1 September 2016. (Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

1 September 2016, 14:55 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Ratu Belanda Maxima. Pertemuan antara Jokowi dan Ratu Maxima berlangsung di Istana Merdeka, pada Kamis, 1 September 2016. Ratu Maxima datang dalam kapasitasnya sebagai utusan khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk pengembangan keuangan inklusif di Indonesia.

"Ini harus disiapkan regulasi-regulasinya seperti apa. Ini akan dibandingkan dengan negara-negara yang lain, sehingga kita juga meminta dorongan pembelajaran agar bisa mempercepat itu. Kita minta technical assistant dari PBB lewat Ratu Maxima," kata Presiden Jokowi.

(Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Keuangan inklusif menekankan pada akses perbankan bagi semua pihak, baik dari sektor formal maupun informal. Dengan demikian, para pelaku usaha mikro bisa memiliki akses yang sama ke perbankan. Petani dan nelayan misalnya, harus bisa mengakses layanan perbankan nasional.

"Saya minta agar OJK dan BI juga memberikan dorongan kepada usaha-usaha mikro kita, baik yang berkaitan dengan regulasi mengenai micro finance, mengenai fintech (financial technology), maupun kolateral untuk usaha-usaha mikro. Saya kira ini penting sekali karena Indonesia memiliki usaha-usaha mikro yang jumlahnya memang sangat besar," tambah Jokowi.

(Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Ratu Maxima tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.20 WIB. Turut mendampingi presiden, Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Presiden berbincang dengan Ratu Belanda di teras belakang Istana Merdeka atau kini dikenal dengan sebutan Veranda Talk.

(Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Selama tiga hari kunjungan di Indonesia, Ratu Maxima telah meninjau penerapan inklusi keuangan digital di Bogor, Jawa Barat, juga berkunjung ke Fintech Festival & Conference di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang.

TIM LIPUTAN

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments