hero
Foto: Reuters/Rupak de Chowduri

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

31 Agustus 2016, 11:36 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bosan berlibur ke tempat-tempat yang isinya hotel, gedung-gedung, mall, jajanan kaki lima atau klub malam? Cobalah sesekali bertamasya ke alam liar dan terbuka. Alam yang masih menyajikan keindahan dan kebebasan. Untuk kamu yang berjiwa petualang dan yang ingin mencoba pengalaman liburan yang berbeda, rekomendasi obyek wisata di alam liar berikut ini bisa bermanfaat:

 

1. Mencari harimau Bengal di India

Mau tahu seperti apa mencari harimau Bengal yang besar dari jejak kaki atau kotorannya? Kamu bisa melakukannya di Kanha National Park, Bandhavgarh National Park dan Panna National Park di India. Ketiga taman nasional yang dilindungi pemerintah India itu merupakan habitat harimau Bengal dan populasinya masih banyak di sana.

Tak hanya harimau, kamu juga bisa bertemu dengan gajah liar, rusa, kijang sampai beragam tumbuhan eksotis. Tenang, kamu tidak akan berlibur sendirian di tiga taman nasional itu melainkan ditemani oleh jagawana atau penjaga hutan yang berpengalaman.

Ada paket wisata dengan harga tertentu yang menyediakan fasilitas hotel, makanan, transportasi sampai pemandu berbahasa Inggris untuk menjelajahi ketiga taman nasional tersebut.
 

2. Menyaksikan migrasi akbar di Padang Serengeti, Tanzania

Jutaan ekor wildebeest (hewan mamalia sejenis banteng) selalu bermigrasi mencari padang rumput setiap musim kemarau di Padang Serengeti. Menjadi pemandangan yang kolosal melihat jutaan ekor wildebeest saling berdesakan, berlari dan menyeberang sungai yang penuh buaya. Mendengarkan suara derap kaki jutaan ekor wildebeest saja sudah sangat mendebarkan, apalagi ketika mereka masuk ke sungai yang banyak buaya lapar. Para turis akan ditemani ranger atau jagawana saat bersafari di Taman Serengeti. Mereka berpengalaman dan beberapa dilengkapi senjata api untuk mengantisipasi gangguan hewan predator seperti singa.
 

3. Melihat aktivitas beruang coklat Rusia di Kamchatka, Rusia

Melihat aktivitas beruang coklat dianjurkan saat musim gugur atau jelang mereka masuk periode hibernasi sebelum datangnya musim dingin. Menyaksikan bagaimana beruang coklat yang besar mencari makan dengan menangkap salmon di sungai atau meraih buah-buahan di pohon akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Beruang coklat akan banyak makan untuk mengenyangkan perutnya sebagai bekal di masa hibernasi saat musim dingin nanti. Tenang, Beruang coklat tidak berbahaya selama perut mereka kenyang.

Semua  aktivitas Beruang coklat tersebut bisa dinikmati di Kamchatka, wilayah paling timur Rusia. Kamchatka adalah daerah semenanjung yang memiliki keragaman hayati dan pemandangan indah. Kamu bisa menemukan hutan, sungai sampai gunung yang bersalju.
 

4. Menemukan gajah kerdil di Kinabatangan, Sabah

Gajah kerdil? Yup, ada gajah Asia dengan ukuran tidak sebesar saudaranya, gajah Asia normal. Bila gajah Asia normal tingginya bisa sekitar 2,5 – 3,5 meter, maka gajah kerdil hanya sekitar 2 -2,3 meter. Gajah kerdil juga memiliki telinga yang lebih besar (rata-rata gajah Asia bertelinga kecil), badan lebih gemuk bulat dan buntutnya lebih panjang.

Peneliti memperkirakan ada sekitar 2.000 ekor gajah kerdil d Asia dan mereka hanya hidup di Pulau Kalimantan. Sebagian populasinya ada di Kinabatangan, Sabah Malaysia. Turis yang ditemani jagawana bisa menemukan kelompok gajah kerdil di daerah yang dekat dengan sungai. Mereka suka sekali mandi dan bermain di sungai.
 

5. Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten

Taman Nasional Ujong Kulon merupakan kawasan yang dilindungi dan dijaga oleh pemerintah Indonesia. Taman nasional yang terdiri dari hutan, pantai dan taman laut tersebut memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Ujung Kulon juga merupakan habitat bagi badak bercula satu yang jumlahnya hanya ada 40-60 ekor saja di dunia.

Kamu bisa hiking lalu menemukan banteng liar yang sedang makan di Padang Rumput Cidaon dan Cibunar, snorkeling menikmati keindahan gugusan karang laut di Pulau Peucang sampai melihat owa Jawa di Curug Cikacang.
 

YAHOO TRAVEL – UJUNG KULON.ORG

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments