hero
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

31 Agustus 2016, 13:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pemerintah berbeda sikap tentang peraturan daerah yang berlaku di Aceh yang memberlakukan cuti enam bulan bagi ibu yang melahirkan. Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai aturan itu bertentangan dengan undang-undang, sementara Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tidak.

"Undang-undangnya kan tidak begitu," kata Jusuf Kalla, di Jakarta, 31 Agustus 2016. "Dan tentu peraturan di bawah tidak boleh bertentangan dengan undang-undang," tambah Kalla.

Yang dimaksud Kalla adalah Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Di pasal 82 mengatur soal waktu istirahat bagi pekerja perempuan, yakni 1,5 bulan sebelum melahiran dan 1,5 bulan setelah melahirkan.

Ujaran Kalla itu terkait peraturan yang diberlakukan Gubernur Aceh Zaini Abdullah. Bagi pegawai di Aceh, Zaini memberikan cuti enam bulan bagi perempuan melahirkan. Alasannya agar punya waktu cukup memberikan air susu ibu eksklusif.

Peraturan Gubernur Aceh Nomor 46 Tahun 2016 ini mendapat apresiasi luas dari masyarakat. Pasalnya selama ini cuti melahirkan selama 3 bulan dirasa kurang bagi ibu untuk memberikan perhatian dan ASI eksklusif bagi si buah hati. Bahkan Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi mengusulkan cuti melahirkan tiga tahun.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan peraturan gubernur itu tidak bertentangan dengan undang-undang. Alasannya karena Aceh memiliki otonomi khusus. Jika DPRD Aceh sudah setuju, maka aturan itu sah untuk dilaksanakan.

Selain itu, tambah Tjahjo, aturan cuti enam bulan di Aceh itu juga tidak melabrak apa yang menjadi kewenangan pusat, yakni politik luar negeri, pertahanan, yustisi, moneter, fiskal, dan agama. "Itu prinsip kok," kata Tjahjo.

ENDA TARIGAN

BACA JUGA: 
Keren! Aceh Berikan Cuti 6 Bulan untuk Ibu Melahirkan
Kata Mendagri, Aturan Cuti Enam Bulan di Aceh Tak Langgar Aturan

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments