hero
Ilustrasi nyamuk pembawa virus zika\depkes.go.id

EDITOR : REZA ADITYA

30 Agustus 2016, 09:30 WIB

INDONESIA

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan Indonesia berupaya mencegah masuknya virus zika yang kini sudah menyerang puluhan warga di Singapura. Dia mengatakan akan berkoordinasi dengan pemerintah negeri singa itu terkait pencegahan penularan.

"Saya sudah berkoordinasi dengan duta besar di Singapura, langsung koordinasi dengan Menteri Kesehatan dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia," kata Retno, Senin, 29 Agustus 2016.

Retno mengatakan Singapura dan Indonesia secara letak geografis sangat berdekatan. Pergerakan kedua warga negara pun sangat dinamis. Itu artinya, ada banyak kemungkinan penularan virus yang berasal dari Amerika Latin itu masuk ke Tanah Air. 

"Intinya kita ingin dapat info yang lebih lengkap dan tentunya privansi," kata Retno. "Sehingga kita bisa meningkatkan perhatian terhadap mobilitas, karena Singapura, Indonesia dan Malaysia semakin interconect dan mecegah muncul di indonesia."

Sebanyak 41 orang dikabarkan terinfeksi virus zika di Singapura. Kementerian Kesehatan Singapura mengklaim ada 34 orang yang sudah pulih dari virus tersebut. Tujuh orang lainnya masih di rawat di Rumah Sakit Tan Tock Seng.

Kabar tersebut tentunya menggemparkan seluruh negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Beberapa negara juga sudah memberikan travel warning ke Singapura level-2, yang berarti sudah dalam tahap bahaya.

Zika merupakan virus yang ditularkan melalui nyamuk dari genus Aedes. Orang yang terjangkit virus ini akan merasakan sakit kepala, bintik merah pada kulit dan leher yang menyebar dan nyeri punggung.Risiko terbesar dari virus ini adalah jika hinggap di wanita yang sedang hamil. Bisa menyebabkan kelainan pada janin bahkan cacat ketika lahir.

Virus ini menjadi penyakit yang masuk daftar penyebab keresahan dunia.


ADAM SURYANAGARA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments