hero
Foto: Reuters

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

29 Agustus 2016, 12:02 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Apa tips jika mobil atau motor terendam banjir, bahkan sampai tenggelam? Jangan starter mobil atau motor kamu. Karena kalau mobil dan motor yang sudah terendam air lalu distarter akan mengakibatkan water hammer. Efeknya, mesin mobil atau motor akan rusak parah dan ongkos perbaikannya menjadi lebih mahal.

Water hammer ialah kondisi saat air masuk ke ruang bakar mesin. Bila dalam kondisi normal mesin akan mengompresi bahan bakar menjadi energi, tidak demikian dengan air. Air yang masuk ke ruang bakar mesin tidak bisa dikompresi layaknya bahan bakar. Karena mesin mobil dan motor konvensional memang tidak didesain untuk mengompresi air menjadi energi. Hasilnya ialah tekanan yang sangat tinggi di dalam mesin yang akan merusak komponen-komponen mesin. Ibaratnya seperti palu memukul-mukul dengan kuat bagian dalam mesin. Mesin yang mengalami water hammer akan sangat sulit dikembalikan kondisinya seperti sebelum terendam banjir.

Juga penting untuk mencabut kabel aki agar tidak terjadi korslet pada sistem elektronik atau sensor mobil dan motor. Apalagi bila mobil dan motor kamu punya fitur-fitur canggih, korsleting akan membuat semua perangkat elektronik dan sensor akan rusak.

Lalu bagaimana langkah selanjutnya? Pertama panggil mekanik dari bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Mereka biasanya akan membersihkan kotoran yang ada di ruang kap mesin dan sistem kelistrikan mobil. Mekanik juga akan mengecek kondisi oli mesin apakah tercampur air atau tidak, filter udara, kabel busi sampai perangkat aki.

Kedua bawa mobil atau motor kamu ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki lebih detail. Selama mesin tidak dinyalakan setelah terendam dan sistem kelistrikan masih berfungsi, maka perbaikan mobil atau motor akan lebih mudah.

Ketiga, cek ke asuransi kendaraan apakah ada polis perbaikan akibat banjir. Jika ada maka tinggal menunggu proses perbaikan.
 

FORBES

FAJAR ANUGRAH PUTRA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments