EDITOR : FIRZA ARIFIEN

27 Agustus 2016, 15:50 WIB

KOTA BOGOR, INDONESIA

Ratusan ekor domba Garut menunjukkan kebolehannya di hadapan Presiden Joko Widodo, pada Sabtu, 27 Agustus 2016. Hewan ternak tersebut tampil dalam Kontes Domba Garut Piala Kemerdekaan. Acara berlangsung di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Ada 875 domba yang dibawa oleh peternak. Namun hanya sebagian yang mengikuti kontes. Dalam ajang ini, panitia memilih 4 domba yang menjadi juara.

Panitia membuat empat kategori lomba, antara lain Raja Petet untuk domba jantan yang berusia di bawah 2 tahun. Raja Kasep untuk domba jantan di atas 2 tahun. Kemudian ada kategori Raja Pedaging untuk domba terberat dan terbesar, juga Raja Bibit yaitu domba betina dengan kualitas terbaik.

Penampilan domba-domba ini sempat membuat Presiden Jokowi terkesima. Baru kali ini Jokowi melihat langsung domba-domba peranakan asli Jawa Barat.

Selain menyaksikan kontes, presiden dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman juga menggelar sesi tanya jawab dengan peternak domba Garut. Salah satu yang ditanyakan peserta kepada presiden, yaitu soal sulitnya mendapatkan izin dari kepolisian untuk menyelenggarakan tradisi adu ketangkasan domba Garut.

“Izin nantinya saya jamin tidak sulit. Mungkin yang dikhawatirkan kepolisian ada yang judi atau gak. Mungkin itu, nanti saya tanyakan ke Polri,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan ini, presiden berpesan kepada seluruh peternak dan pelestari tradisi adu ketangkasan domba Garut, agar jangan menjual bibit terbaik domba ke negara lain. Karena jika bibit itu dijual, bukan tidak mungkin Garut akan kehilangan domba-domba terbaiknya.

INDRA RAHARJA | YUSUF REZA PERMADI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments