Nauval Razik. (NET/Munandar Syamsyuddin)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

26 Agustus 2016, 13:00 WIB

ACEH, INDONESIA

Byar pet… byar pet… kata-kata itu sering banget diucapkan oleh Presiden Jokowi saat ngomongin kondisi listrik di beberapa daerah Indonesia. Kalau di Pulau Jawa, kondisinya memang relatih bagus jika di bandingkan dengan pulau-pulau lain. Nggak heran pemerintah menargetkan akan membangun sekitar 35 ribu megawatt  dalam waktu dekat untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Nah, di luar dari target pemerintah itu, ternyata ada seorang siswa kelas 2 Madrasah Tsanawiyah Negeri Langsa, Kota Langsa, Aceh yang berhasil menciptakan energi listrik dari pohon kedondong. Nauval Razik, itulah namanya.

Nauval Razik, pencipta pohon listrik. (NET/Munandar Syamsyuddin)

Berbekal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang didapat di sekolah, bocah berumur 14 tahun ini membuktikan jika kadar asam yang terkandung dalam pohon kedondong dapat menghasilkan energi listrik. Pohon kedondong sengaja dipilih karena memiliki kadar asam tinggi dibandingkan dengan pohon lainnya.

“Saya dapat ilmu dari orang tua dan sekolah. Pohon ini bisa menghasilkan listrik,” kata Nauval saat ditemui oleh NET.

Pohon Listrik. (NET/Munandar Syamsyuddin)

Untuk mendapatkan energi dari pohon tersebut, terlebih dahulu pohon kedondong dilubangi. Kemudian masukkan paku beton dan pipa tembaga, batangan besi, kabel, baru kemudian diikat dengan menggunakan alumuniun dan disambungkan ke lampu.

Satu pohon kedondong bisa menghasilkan 0,5 hingga 1 volt listrik tergantung cuaca. Jika diaplikasikan langsung, lima buah batang pohon bisa menghidupkan listrik satu rumah dengan kapasitas daya sekitar 5 hingga 9 volt.

Pohon Listrik. (NET/Munandar Syamsyuddin)

Biasanya jika musim hujan, makan energi listrik yang dihasilkan semakin banyak jika dibandingkan musim panas. Untuk itu, pohon kedondong tersebut harus dijaga kelembapannya dengan rutin menyiram.

Sebelum berhasil, Nauval melakukan 60 kali uji coba dengan dibantu ayahnya. Jika ditotal, biaya percobaannya menghabiskan dana Rp14 juta. Usaha Noval yang nggak mengenal putus asa berbuah manis. Kini, penelitiannya mendapatkan dukungan sekolah.

Nauval Razik, pencipta pohon listrik. (NET/Munandar Syamsyuddin)

Hal ini dapat membuat arus listrik mengalir dan dapat menghidupkan lampu rumah. Untuk mengembangkan temuannya ini Nauval berharap dapat membantunya agar masyarakat Aceh bisa menikmati hasil karyanya.

MUNANDAR SYAMSUDDIN

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments