hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

25 Agustus 2016, 10:05 WIB

ITALIA

Tua, muda, apalagi anak-anak, semua suka kue. Kue cocok untuk berbagai situasi. Untuk piknik, untuk kumpul bareng teman, untuk camilan nyelesain tugas kuliah atau tugas kantor dan untuk acara besar seperti pernikahan, termasuk acara duka seperti kematian.

Tiap negara, biasanya punya kue khas masing-masing. Dan ini, kue-kue favorit di beberapa negara, kue-kue yang selalu ada di meja di berbagai acara.

ITALIA, TIRAMISU

Tiramisu (Pixabay)

Arti namanya, udah nunjukin segalanya. Dalam bahasa Italia, tiramisu artinya 'Bawa saya'. Tiramisu sendiri adalah kue yang sarat dengan gula dan berkafein, selalu ada di resto Italia dimanapun di seluruh dunia.

Aslinya, tiramisu terdiri dari lapisan biskuit, kopi, keju dan krim yang ditumpuk telur dan gula. Namun banyak versi modernnya menggunakan sponge cake dan cairan beraroma. Di Italia orang biasa menraktir satu sama lain dengan tiramisu. Kue tiramisu bisa dihias dengan beragam topping, seperti strawberry dan pistachio.

JERMAN, BLACK FOREST

Black Forest (Pixabay)

Sponge cake cokelat bertabur ceri ini telah mendunia. Di Jerman, nama aslinya adalah Schwarzwalder kirschtorte. Harus dibuat dengan kirschwasser, brendi yang terbuat dari ceri. Dan, brendinya gak cuma setetes atau dua tetes, tapi bisa sampai setengah gelas! Di Jerman, salah satu kafe yang terkenal dengan resep asli Black Forestnya adalah Cafe Schaefer.

AMERIKA SERIKAT, CHEESECAKE

Cheesecake (Pixabay)

Amerika punya banyak kue klasik yang jadi ciri khas negara ini. Seperti brownies dan red velvet. Tapi yang paling mendunia, cheesecake tentunya!

Kita mundur dulu ya ke masa jayanya kerajaan Yunani. Saat itu orang mulai mengonsumsi kue manis bertabur keju, kalo zaman sekarang kira-kira mirip dengan cheesecake.

Warga Roma juga punya versi yang dibakarnya, terbuat dari madu dan kaya dengan aroma daun salam. Kue-kue itu adalah cikal bakalnya cheesecake. Cheesecake yang seperti saat ini, dimungkinkan dibuat setelah ditemukannya cream cheese akhir tahun 1800. Kue ini kemudian dibuat di New York dan terus menjadi populer hingga sekarang. Cheesecake dibuat dari keju, gula dan telur yang ditaburkan di atas serpihan kue kering yang dihancurkan. Di Brooklyn, kedai yang terkenal karena kelezatan cheesecakenya adalah Junior yang didirikan tahun 1950.

Indonesia, Lapis Legit

Lapis Legit (Harlie)

Bayangin ada 18 lembar sponge cakes lalu dipadatkan jadi satu. Yang akan kamu dapatkan, kue lapis legit yang cantik. Kue lapis legit ini rasanya manis, tekstur kuenya kokoh. Ciri khasnya, menggunakan banyak mentega. Lapis legit juga terdiri dari cengkeh, kayu manis dan pala. Lapis legit pertama kali dibuat di era penjajahan Belanda.

Membuat lapis legit gak gampang, butuh berjam-jam karena harus dibuat lapis demi lapis. Ini salah satu kue paling favorit di Indonesia. Salah satu yang terenak dijual di Harlie, yang berdiri sejak tahun 2005. Lapis legit buatan Harlie dijual ke berbagai kota di Indonesia, juga ke Singapura dan Malaysia.

Malaysia dan Singapura, Kue Pandan

Kue Pandan (Bengawan Solo)

Cake jenis chiffon ini memiliki tekstur yang halus, lembut dan ringan seperti busa atau sponge. Pada dasarnya kue pandan adalah kue chiffon yang diberi pewarna hijau. Warna hijaunya, berasal dari daun pandan. Kue ini disukai di Malaysia dan Singapura.

SELANDIA BARU, PAVLOVA

Pavlova (CNN)

Namanya berbau Rusia. Gak heran, kue ini memang diberi nama sesuai nama balerina Rusia, Anna Pavlova yang berkunjung ke Selandia Baru tahun 1927.

Kue terbuat dari putih telur kental yang dikocok bersama gula. Tekstur kuenya rapuh diluar dan lembut seperti marshmallow di dalam. Rasa pavlova manis, karena itu cocoknya dimakan sama buah-buahan yang ditabur di atas pavlova. Biasanya yang ditabur itu jeruk, mangga, kiwi atau beragam jenis berry.

Kebayang kan rasa manis kue ketemu dengan rasa asam buah yang segar?

CNN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments