hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

25 Agustus 2016, 18:05 WIB

KAB. MALANG, INDONESIA

Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengandung kata-kata berunsur kekerasan. Hal ini diketahui oleh orang tua siswa saat membantu anaknya menjawab soal-soal di LKS tersebut. LKS diterbitkan oleh PT. Jepe Press Media Utama, Nganjuk, Jawa Timur.

Orang tua siswa menilai, Lembar Kerja Siswa tersebut tidak layak digunakan untuk membantu proses belajar anak-anak. Orang tua meminta agar LKS berisi kata-kata yang tidak pantas itu segera ditarik dari peredaran.

Dian Ayu Anggraeni adalah salah satu orang tua yang mendorong agar LKS tersebut tidak lagi digunakan. Dian mengaku kaget saat pertama kali melihat soal yang tercantum di dalam LKS. Ia awalnya mengetahui muatan sadisme dalam LKS setelah anaknya bingung ketika menjawab soal.

“Saya menemukan semalam saat anak saya mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah). Bingung harus menjawab apa dengan pertanyaan itu. Menurut saya, konten itu sadis dan menyeramkan untuk anak usia 9 hingga 10 tahun,” ungkap Dian.

Orang tua siswa mempertanyakan kredibilitas tim penyusun soal karena dikhawatirkan akan memengaruhi psikologis anak. Terlebih muatan sadisme kini dengan mudah diakses oleh anak-anak, baik melalui media televisi maupun internet.

Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sudah mengetahui hal ini. Tindak lanjutnya, Dinas Pendidikan akan membentuk tim khusus untuk mengevaluasi LKS yang sudah telanjur digunakan oleh pelajar tingkat SD. 

“Pertanyaan itu memang mengandung unsur sadisme. Kalau dievaluasi tidak masuk, akan kita tarik,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Budi Iswoyo.

Diperkirakan LKS yang mengandung unsur kekerasan ini telah tersebar ke sejumlah Sekolah Dasar di Kabupaten Malang. Kata-kata sadisme muncul tidak hanya sekali, namun beberapa kali dalam LKS Bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV SD tersebut.

TUTUS SUGIARTO

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments