hero

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

23 Agustus 2016, 12:45 WIB

INDONESIA

Makanan yang mengandung gula, garam atau minyak terlalu banyak ternyata tidak mengenyangkan. Akibatnya ialah perut yang membuncit karena terus makan dengan kalori tinggi tapi rasa kenyang baru timbul setelah sekian lama.

Padahal salah satu tujuan makan ialah mendapat rasa kenyang dan sehat. Lalu makanan apa saja yang sebenarnya malah membuat perut terasa terus keroncongan atau kelaparan?

1. Roti putih

Memakan roti putih dalam jumlah banyak memang mengenyangkan, tapi dalam periode yang singkat. Penyebabnya karena karbohidrat yang ada dalam roti putih diubah dengan sangat cepat menjadi gula dalam darah oleh tubuh. Nah, drastisnya peningkatan kadar gula dalam darah karena karbohidrat roti putih itu hanya bersifat sebentar, atau sekadar boosting saja. Sekitar sejam kemudian gula darah kamu kembali rendah yang membuat perut kembali keroncongan.

 


 

2. Kentang goreng

Efek kentang goreng mirip-mirip dengan roti putih. Hanya sebentar menaikkan kadar gula dalam darah, plus bertambah dan bertahannya lemak di perut. Kentang goreng bisa menstimulus otak untuk terus merasa ketagihan karena tubuh menerima pesan ada makanan (baca: kentang goreng) yang belum kembali dimasukkan tapi tidak memberikan efek kenyang yang lama.

 

3. Sereal

Sereal yang manis memang enak. Tapi tingginya kandungan fruktosa dalam sereal membuat makanan ini malah membuat kamu terasa lapar. Penyebabnya ialah fruktosa tidak terlalu diterima oleh otak dan otot. Sehingga otak terus mengirimkan pesan bahwa kamu masih lapar.
 


 

4. Pemanis buatan

Pemanis buatan di makanan dan minuman hanya membuat tubuh dan otak “tertipu”. Otak dan tubuh akan mengira gula sungguhan masuk ke dalam tubuh untuk diubah menjadi energi atau gula darah. Ternyata bukan, sehingga membuat tubuh kamu ketagihan pemanis buatan tanpa memberikan rasa kenyang.

 

Buah dan sayuran segar masih menjadi makanan yang mengenyangkan. Buah dan sayur segar mengandung serat tinggi yang membuat lambung lebih lama mencernanya sehingga menekan rasa lapar muncul. Buah kering seperti kismis atau kurma juga bisa dikonsumsi untuk mendapatkan rasa manis namun sehat. Gula dalam kismis dan kurma lebih cepat diubah menjadi energi ketimbang bertahan di darah.

Makanan berprotein tinggi juga mengenyangkan karena membuat cadangan energi di dalam tubuh bertahan lebih lama dibanding makanan berkabohidrat, berlemak atau berpemanis buatan. Protein juga membantu tubuh membakar lemak dan membangun otot. Ikan, daging sapi tanpa lemak, dada ayam tanpa kulit, kacang-kacangan sampai susu rendah lemak adalah sumber protein yang baik.

MARIE CLAIRE

FAJAR ANUGRAH PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments