hero
Ilustrasi prostitusi online\NET. Felly

EDITOR : REZA ADITYA

23 Agustus 2016, 21:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bisnis prostitusi online rupanya masih menjamur. Beragam modus muncikari dalam menjajakan barang 'dagangannya' kepada pria hidung belang semakin variatif.

Kepolisian Daerah Metro Jaya baru saja mengungkap bisnis prostitusi online dengan menyamar sebagai penyalur sales promotion girl (SPG). Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono mengatakan institusinya menangkap satu orang pemiliki situs yang kedapatan menjajakan kencan singkat itu.

"Pelaku atas nama AN ini membuat website untuk melakukan prostitusi online," kata Awi, di kantornya, Selasa, 23 Agustus 2016. "Kemudian yang bersangkutan menjalankan prostitusi online dengan berkedok melakukan penyaluran model dan SPG."

Awi mengatakan AN, yang ini sudah ditetapkan sebagai tersangka, ditangkap di sebuah tempat di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. Pada penangkapan itu, Polisi menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya adalah satu unit komputer jinjing, telepon selular, kartu identitas dan uang tunai Rp 1,5 juta.

Saat penangkapan, satu orang pekerja seks komersil (PSK) juga diamankan Polisi saat hendak bertransaksi dengan aparat yang sedang menyamar. Beberapa barang bukti PSK berinisal T itu, seperti telepon selular, pakaian dalam dan uang tunai Rp 3,5 juta disita petugas.

Awi mengatakan pelaku sudah menjalankan bisnis haramnya selama setahun. Modusnya, kata dia, menyamarkan situs penyalur SPG sebagai kerjaan sampingan. Tarif perempuan yang ditawarkan AN berkisar Rp 5 - 7 juta.

Akibatnya, AN dijerat Pasal 269 dan atau 506 KUHP juncto Pasal 4 ayat (2), Pasal 30 UU Nomor 44 tahun 2008 tentang Pornografi. AN juga dijerat Pasal 2 jo Pasal 17 UU Nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Pengungkapan bisnis prostitusi online sudah berkali-kali dilakukan Polisi. Muncikari tampaknya belum juga jera menjajakan 'angel', istilah lain PSK dalam bisnis ini. Kasus besar yang diungkap Polisi pada tahun lalu, di apartemen Kalibata City. Kemudian Polisi juga mengungkap bisnis prostitusi online yang angel nya merupakan selebriti.

ANDRY SURYAWENATA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments