EDITOR : PUTU DYAH

23 Agustus 2016, 10:05 WIB

MESIR

Teriknya matahari Mekkah jadi inspirasi peneliti dari Arab Saudi dan Palestina untuk membuat payung tenaga surya. Payung pintar ciptaan Kamel Badawi dan Manal Dandis ini disebut 'Kafya'. Inisiatif awalnya, 'Kafya' dibuat untuk membantu para jemaah haji yang ada di tanah suci. 

Payung pintar menggunakan teknologi panel surya. (Foto: REUTERS)

“Biasanya orang-orang memakai payung cuma untuk berlindung dari matahari. Sebelumnya tidak ada yang terpikir kalau benda ini bisa punya fungsi lain. Untuk itu kamu coba menambah fitur teknologi lain yang bermanfaat,” kata Badawi.

Tombol GPS, kipas dan senter di tangkai payung. (Foto: REUTERS)

Hasilnya, payung Kafya dilengkapi dengan sistem GPS, kipas angin mini dan senter. GPS terintegrasi dengan aplikasi yang bisa didownload  lewat smartphone. Di tangkai payung juga terdapat 3 USB port yang bisa dimanfaatkan untuk men-charge handphone, tablet dan gadget portable lainnya.

Tiga slot USB pada payung 'Kafya' . (Foto: REUTERS)

Semua fitur memanfaatkan panel surya yang menyerap energi panas dan mengubahnya jadi energi listrik. Sekarang payung pintar ‘Kafya’ masih dalam tahap prototipe dan menunggu investasi untuk diproduksi secara massal.

 

REUTERS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments