hero
Foto ilustrasi: Sup tulang iga

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

22 Agustus 2016, 16:05 WIB

INDONESIA

“Perbanyak makan sayur,  buah sama minum jus karena katanya sehat.” Begitu kata sebagian orang tentang ‘seperti apa sih makanan yang sehat’. Tidak selalu benar kalau sayur , buah dan jus itu sehat. Misal, mangga itu tidak dianjurkan untuk oang yang diet karena kalorinya tinggi. Atau dokter biasanya akan meminta penderita diabetes tidak makan durian, kelengkeng atau leci karena kandungan gula serta karbohidratnya sangat tinggi. Jus pun menjadi kurang baik untuk yang mau menjaga berat badan bila dicampur terlalu banyak gula atau susu kental manis.

Tapi jangan berhenti makan sayur dan buah karena ada yang benar-benar sehat dan bisa menjadi energy booster. Dan sudah saatnya juga bagi kamu memasukkan bahan makanan sehat, murah dan mudah didapat berikut ini ke dalam daftar belanja bulanan.

Apa saja? Ahli gizi, Zoe Stirling dan pemilik catering sehat Bel-Air, Andrew Bredon, memberikan daftar rekomendasinya:

1. Jeruk lemon

Satu buah jeruk lemon mengandung vitamin C yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan harian manusia. Jeruk lemon juga bisa mencegah radang. Gunakan perasan jeruk lemon segar ke segelas air putih hangat dan minum setiap pagi.

 


 

2. Brokoli

Satu batang brokoli ukuran sedang sudah bisa memberikan kebutuhan vitamin C dan Vitamin K untuk tubuh manusia. Imbasnya ialah daya tahan tubuh yang kuat dan kesehatan tulang yang baik. Belum termasuk serat tinggi yang baik untuk sistem pencernaan kamu.

 


 

3. Rumput laut

Bukan rumput laut kemasan yang ditaburi garam dan penyedap rasa, melainkan rumput laut segar. Rumput laut bisa diolah menjadi sup atau agar-agar. Rumput laut mengandung Iodine yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan sistem pencernaan.
 


 

4. Ubi manis

Makanan sehat yang rasanya menyenangkan karena ada manis dan lembut di lidah. Ubi manis mengandung Vitamin A dan magnesium yang baik untuk mata serta mengurangi stres. Ubi manis ternyata bisa mencegah kanker dan memelihara daya tahan tubuh.
 


 

5. Kacang-kacangan

Kacang merah, kacang hijau dan kacang polong  yang dikonsumsi rutin empat kali seminggu akan sangat efektif mencegah kanker payudara dan menyehatkan jantung.
 


 

6. Kunyit

Kunyit memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Zat curcuminoids di kunyit sangat baik memelihara fungsi hati (liver), membantu membuang racun dari tubuh (detox), mencegah kanker dan radang.
 


 

7. Sup tulang sapi atau ayam

Sup atau kaldu tulang sapi dan ayam yang dimasak lama serta di api yang kecil akan membantu merawat kesehatan kulit, memelihara daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan mineral, kolagen dan asam amino di kaldu tulang yang segar menyebabkan mengapa kuah gurih ini begitu sehat. Yang penting jangan memasukkan garam dan penyedap rasa terlalu banyak.

 

 

MARIE CLAIRE UK

FAJAR ANUGRAH PUTRA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments