EDITOR : FIRZA ARIFIEN

22 Agustus 2016, 17:30 WIB

KALIMANTAN TENGAH, INDONESIA

Seekor orangutan jantan berusia 20 tahun diselamatkan dari lahan perkebunan warga di Desa Sei Gohong, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, pada Senin, 22 Agustus 2016. Orangutan tersebut diduga keluar dari habitatnya di Taman Nasional Sebangau, akibat kebakaran lahan dan hutan tahun 2015 lalu.

“Dia keluar dari hutan karena memang hutan yang berbatasan dengan Taman Nasional Sebangau sudah terbuka untuk perkebunan kelapa sawit,” ujar Monterado Friedman, Koordinator Komunikasi BOSF Nyaru Menteng.

Orangutan dievakuasi oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, yang bekerja sama dengan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng. 

Selain orangutan, seekor beruang madu juga turut diamankan dari warga. Rencananya, orangutan dan beruang madu tersebut akan dibawa ke Taman Nasional Sebangau untuk dilepasliarkan ke alam.

Seiring makin maraknya pembukaan lahan dengan cara dibakar, keberadaan orangutan Kalimantan juga semakin terancam. Belakangan banyak laporan dari warga, yang melihat orangutan masuk ke perkebunan mereka untuk mencari tempat tinggal baru.
 
TOPAN SETIAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments