hero
Foto: AP/Mark J. Terrill

EDITOR : PUTU DYAH

21 Agustus 2016, 11:05 WIB

INDONESIA

Olimpiade modern pertama kali diadakan tahun 1896 di Athena, Yunani. Sejak itu, Olimpiade jadi pesta olahraga terbesar sejagat. Dari masa ke masa, teknologi terus dihadirkan. Setiap negara yang jadi tuan rumah juga berlomba-lomba menampilkan  olimpiade juga meninggalkan stadion yang ikonik.

Berikut tujuh stadion Olimpiade dengan arsitektur yang ciamik dan long lasting.

The Bird’s Nest

Foto: Wikimedia Commons

Stadion yang dikenal sebagai Beijing National Stadium ini dipakai untuk Olimpiade Musim Panas di Beijing tahun 2008 . Bangunannya terbuat dari besi-besi yang ditautkan dan terjalin satu sama lain sampai bentuknya lebih menyerupai sarang burung. Karya seni ini dibuat oleh Herzog de Meuron, Li Xinggang dan Ai Weiwei.

Nazi Stadium 

Foto: AP

Arena Olimpiade Berlin 1936 ini berbentuk seperti cincin. Arsiteknya, Werner March memanfaatkan batu-batu yang disusun melingkar dan hanya ada satu pintu di bagian tengahnya. Para kritikus menilai desain ini sebagai simbol kekerasan dan ketidakpedulian rezim yang memerintah pada individu.

Yoyogi National Gymnasium

Foto: Flickr/kanegen 

Di bangun tahun 1964, bangunan dengan desain kurva ini menjadi ikon arsitektur yang khas. Jika dilihat dari depan, arena gimnasium ini terdiri dari dua bagian yang runcing di bagian atas dan melandai pada kedua sisinya. Perancangnya Kenzo Tange, sengaja memadukan unsur modern dengan arsitektur tradisional khas Jepang. 

London’s Olympic Stadium

Foto: AP/Mark J. Terrill

Stadion Olimpiade London 2012 ini didesain oleh Poulous Architect dengan bentuk menyerupai mangkok. Hasilnya penonton serasa dekat dengan arena pertandingan dan bisa merasakan atmosfer lebih kuat. Dengan podium melingkar yang tersusun rapat, penonton juga memiliki area pandang lebih luas.

Montreal’s Olympic Stadium

Stadion Montreal di Kanada berbentuk seperti donat dengan tiang setinggi 556 kaki. Bangunan ini didesain oleh arsitek Roger Tallibert untuk Olimpiade tahun 1976. Sayangnya banyak yang mengkritik Stadion Montreal karena pembangunannya mengalami banyak masalah. Biaya yang dikeluarkan untuk pendiriannya juga tidak sedikit yaitu lebih dari US $ 1 miliar.

Beijing National Aquatics Center

Foto: AP/Color China

Arena olahraga akuatik ini dikenal dengan nama 'Water Cube'. Bentukan dinding luarnya seperti gelembung air warna-warni yang didominasi warna biru. Bangunan ini dirancang oleh PTW Architects untuk Olimpiade Beijing 2008.

Stadion Spyros Louis

Foto: AP/Ben Curtis

Stadion dibuat untuk Olimpiade Athena tahun 2004 dan diberi nama 'Spyros Louis'. Tujuannya sebagai penghargaan Spyrous yang menjadi pemenang lomba maraton di Olimpiade pertama tahun 1896. Bangunan yang didesain Weidleplan and Santiago Calatrava ini mampu menampung sekitar 68 ribu orang. 

TECH INSIDER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments