hero
Nasi padang

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

20 Agustus 2016, 07:05 WIB

INDONESIA

Makanan Indonesia semakin diakui oleh pecinta kuliner di dunia. Kini makanan seperti rendang, sate ayam, nasi goreng, gado-gado atau gudeg bisa selevel dengan sushi dari Jepang, Tom Yam asal Thailand sampi Nasi Lemak khas Malaysia.

CNN Travel mendata makanan Indonesia yang paling popular, terutama yang banyak terjual di tanah air.

Makanan apa saja? Berikut daftarnya:

1. Sambal

Cabe merah atau cabe hijau yang diulek dengan tangan (bukan diblender) lalu dicampur terasi, bawang merah, bawang putih, tomat, teri, garam atau mangga muda. Ini adalah pelengkap makanan yang paling banyak ditanyakan dan diminta pelanggan rumah makan di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

 


 

2. Sate ayam

Makanan kedua terbanyak yang dijual di kota-kota besar di Indonesia. Sate ayam terdiri dari potongan daging ayam seukuran kelingking orang dewasa, dibalur dengan kecap manis dan bumbu kacang lalu dipanggang di atas arang panas. Rasa manis, gurih dan garing hasil pembakaran di arang membuat sate ayam cocok di lidah banyak orang. Biasanya lontong atau nasi putih menjadi teman setia menyantap sate ayam.

 

3. Bakso

Makanan berbentuk bola-bola yang terbuat dari adonan tepung, daging sapi, merica dan beberapa bumbu. Bakso biasanya memakai kuah kaldu yang gurih hangat, sayur sawi, mie kuning atau bihun putih. Banyak orang menyantap bakso bersama sambal cabe merah untuk membuat rasanya semakin berani.
 


 

4. Soto

Satu lagi makanan popular di Indonesia. Soto biasanya berisi ayam, daging, kambing dan jeroan. Kuahnya bisa dari santan atau bening, tergantung daerah asalnya. Soto Betawi adalah contoh soto yang memakai kuah santan dan Soto Sulung biasanya kuah bening yang gurih.
 


 

5. Nasi goreng

Makanan yang banyak ditemui di jajanan kaki lima pinggir jalan sampai hotel berbintang. Banyak sekali variasi nasi goreng di Indonesia. Ada nasi goreng putih yang hanya digoreng dengan telur orek, bawang putih dan garam, ada nasi goreng Aceh yang menggunakan banyak sekali rempah-rempah bercita rasa kuat sampai nasi goreng yang paling umum, digoreng menggunakan kecap manis yang banyak, ayam suir, kerupuk dan acar.

Nasi goreng yang enak biasanya menggunakan nasi yang tidak menggumpal atau yang kandungan airnya sedikit.
 


 

6. Gado-gado
Salad khas Jakarta. Gado-gado biasanya berisi sayuran rebus seperti kacang panjang, kol, tauge, labu, kentang rebus, ketimun, tempe dan tahu kukus lalu dicampur dengan saus kacang yang sudah dibumbui, biasanya rasanya manis pedas gurih dan ditaburi bawang goreng. Jangan lupa kerupuk untuk membuat rasanya semakin kaya.
 


 

7. Nasi uduk

Nasi uduk ini mirip dengan nasi lemak. Nasi yang dimasak menggunakan santan dan bumbu-bumbu. Nasi uduk khas Jakarta biasanya menggunakan semur jengkol, teri, kacang goreng,  ayam goreng, emping, sambal kacang, sambal vabe merah, telur dadar diiris-iris sampai gorengan bakwan.
 


 

8. Nasi Padang

Makanan yang kaya bumbu rempah-rempah. Hidangan nasi putih memakai rendang, ayam panggang, gulai kepala kakap, gulai kikil atau gulai ayam. Biasanya disajikan pula bersama sambal hijau, sambal merah, kuah gurih yang disiram ke atas nasi putih, sayur nangka dan daun singkong.
 


 

9. Ayam goreng

Ayam goreng khas Indonesia lebih nikmat menggunakan ayam kampung, bukan ayam ras yang digemukkan dengan hormon seperti di restoran cepat saji. Ayam goreng ada beberapa jenis, seperti ayam goreng keremes, ayam goreng cabe balado sampai ayam goreng penyet cabe hijau.
 


 

10. Mi goreng

Mi goreng biasanya dijual bersamaan dengan nasi goreng di kaki lima pinggir jalan. Banyak juga dijual di restoran atau hotel. Mie goreng bisa dimasak bersama ayam, daging, kambing atau seafood. Rasanya yang gurih, sedikit manis dan mengenyangkan banyak dicari orang.
 


 

CNN TRAVEL

FAJAR ANUGRAH PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments