hero
Wakil Presiden Jusuf Kalla pada KTT Luar Bisa OKI\wapres.go.id

EDITOR : REZA ADITYA

19 Agustus 2016, 16:55 WIB

INDONESIA

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah akan membantu penyelesaian status kewarganegaraan bekas Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar. Menurut Kalla, Arcandra ingin status warga negara Indonesia dipulihkan.

"Karena itu kami membantu untuk mempercepat bagaimana proses kewarganegaraan itu," kata Kalla, di kantornya, Jumat, 19 Agustus 20016.

Arcandra, kata Kalla, keahliannya masih sangat dibutuhkan untuk Indonesia. Kalla juga mengatakan Arcandra masih ingin mengabdi di tanah air terkait dengan pengelolaan sumber daya alam.

BACA JUGA:
Arcandra Tahar Diberhentikan dari Jabatan Menteri ESDM
Ini Alasan Kenapa Status Arcandra Jadi Ramai
Kakak Arcandra Tahar: Dia Masih WNI
Ketika Luhut Memuji Arcandra
Pemerintah Pertimbangkan Revisi UU Kewarganegaraan

Untuk itu, Kalla menjamin status warga negara Indonesia (WNI) alumnus Texas A&M University Ocean Engineering itu segera diproses. Status kewarganegaraan Amerika Serikat Arcandra pun gugur lantaran dilantik sebagai Menteri ESDM pada 27 Juli 2016.

Kalla mengatakan percepatan pemulihan WNI Arcandra itu tidak lantas menempatkannya kembali sebagai pejabat negara. Menurut dia, butuh pertimbangan Presiden Joko Widodo untuk kembali menempatkan Arcandra di pemerintahan.

"Soal tugasnya itu tentu Presiden yang mempunyai kewenangan. Belum kami bicarakan secara khusus tentang itu," kata Kalla.

Baru juga 20 hari menjabat sebagai Menteri ESDM, Arcandra Tahar diberhentikan dengan hormat oleh Presiden Joko Widodo. Penyebabnya, Arcandra memiliki paspor Amerika Serikat. Yang artinya, Arcandra merupakan warga negara Abang Sam.

Posisi Arcandra kini dijabat sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Presiden belum menentukan pengganti Arcandra secara definitif.

MELISA LOLINDU

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments