hero
Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Indonesia Economic Outlook 2016\wapresri.go.id

EDITOR : REZA ADITYA

18 Agustus 2016, 15:25 WIB

INDONESIA

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sistem dwi-kewarganegaraan sudah menjadi tren di seluruh dunia. Menurut dia, sudah banyak negara-negara maju menerapkan sistem kewarganegaraan ganda.

"Ada pergerakan talenta dari negara-negara yang berkembang atau maju Untuk mendapat pengalaman," kata Kalla di Kompleks Parlemen, Kamis, 18 Agustus 2016. "Namun banyak sebagian kemudian kembali lagi ke negaranya."

Kalla mengatakan sistem dwi-kewarganegaraan akan memudahkan seseorang mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Misalnya, seperti yang dialami oleh bekas Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

BACA JUGA:
Ini Alasan Kenapa Status Arcandra Jadi Ramai
Arcandra Tahar Diberhentikan dari Jabatan Menteri ESDM
Dua Kewarganegaraan, Pupus Sudah Impian Gloria Upacara di Istana
Komisi I DPR: Lantik Arcandra, Presiden Jokowi Kecolongan!
Ketika Luhut Memuji Arcandra
 

Arcandra, kata Kalla, memiliki jabatan tinggi di perusahaannya di Amerika Serikat. Atas dasar kepentingan kemudahan berbisnis lantaran pekerjaan, maka Arcandra mempunyai hak untuk menjadi warga negara Amerika.

 

"Karena dia tentu pernah melaksanakan proyek-proyek strategis di sana, maka lebih safe kalau dia punya warga negara," kata Kalla.

Atas pertimbangan itu, Kalla mengatakan pemerintah saat ini akan mengkaji peluang WNI mendapatkan dwi-kewarganegaraan. Caranya adalah dengan merevisi Undang-Undang Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan.

Kalla menyerahkan sepenuhnya revisi itu kepada Dewan Perwakilan Rakyat. "Pemerintah kan sudah ada perubahan, yang 18 tahun itu awalnya. Memang sedang didiskusikan soal dwi-kewarganegaraan. Memang tren dunia begitu."

WIBISONO NOTODIRDJO

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments