hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Agustus 2016, 17:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Upacara pengibaran bendera saat Peringatan HUT RI selalu ditunggu-tunggu. Gimana enggak? Banyak sekali aksi keren dan tata upacara bendera yang selalu menjadi pusat perhatian. Pada upacara peringatan 71 tahun Indonesia kali ini, ternyata enggak cuma pejabat yang terlibat, tetapi banyak sekali anak muda dari berbagai daerah ikut unjuk kebolehan. Siapa aja sih mereka?

Hayat Nur Isnaini

Hayat Nur Isnaini. (NET/Avilla Ria)

Hayat merupakan salah satu perwakilan Gerakan Pramuka asal Jawa Barat. Ia terpilih untuk menjadi protokol upacara kemerdekaan tahun ini. Selama prosesi pengibaran bendera tadi pagi, Hayat menjaga di pos 3 yang berisi para menteri dan sejumlah pejabat dalam negeri. Hayat juga akan bertugas kembali nantinya ketika prosesi penurunan bendera.

Yoris Haryanto Apriadi

Yoris Haryanto Apriadi. (NET/Avilla Ria)

Nah, milenial satu ini asal Kalimantan Barat. Ia menjadi salah satu perwakilan daerah yang ikut serta memeriahkan upacara kemerdekaan Indonesia ke-71. Dalam kesempatan ini, mereka yang beranggotakan 5 orang membawakan seni tradisional asal Dayak bernama sape. Mereka merupakan juara umum nasional, sehingga bisa ikut serta dalam memeriahkan upacara 17 Agustus hari ini.

Andi Darmawan

Andi Darmawan. (NET/Avilla Ria)

Pemuda ini adalah perwakilan dari pemain orkestra yang memainkan gitar listrik. Dia berasal dari Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Sebelumnya ia mengikuti seleksi daerah yang kemudian terpilih untuk menjadi salah satu pemain orkestra Gita Bahana Nusantara yang berjumlah sekitar 70 orang. Andi berlatih selama kurang lebih 10 hari dan  ikut latihan gabungan dengan paduan suara selama 11 kali. Ini merupakan kali kedua Andi ikut terlibat dalam upacara kemerdekaan, setelah sebelumnya menjadi pemain orkestra di tahun 2015.

Haripa Ruran

Haripa Ruran. (NET/Avilla Ria)

Nah, milenials satu ini juga merupakan salah satu anggota Gita Bahana Nusantara sebagai pengisi suara alto. Perempuan asal Kalimantan Timur ini baru merasakan semangat kemerdekaan langsung dari Istana. Ia melalui berbagai tahap seleksi mulai dari kabupaten hingga provinsi sampai akhirnya ia dapat bergabung dalam paduan suara Gita Bahana Nusantara. Baginya, ada pengalaman sendiri ketika di saat-saat mendekati hari H, ada permintaan khusus dari Presiden Joko Widodo untuk menyanyikan lagu Penghargaan Untukmu yang mengharuskan mereka untuk berlatih hanya dalam dua hari saja.

Nah, gimana? Kamu tertarik untuk bergabung dengan mereka? Siapa tahu, tahun depan kamulah yang ikut mengisi acara HUT Kemerdekaan Indonesia.

AVILA RIA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments