hero
Jaya Suprana serahkan paiagam rekor MURI pada Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly di Lapas Cipinang, DSenin, 15 Agustus 2016. (NET/Indria)

EDITOR : OCTOBRYAN

15 Agustus 2016, 22:35 WIB

INDONESIA

Sekitar 150 ribu narapidana memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peserta terbanyak menyanyikan lagu Hari Merdeka. Kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan itu untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71.

Warga binaan pemasyarakatan ini berasal dari 477 unit pelaksanaan teknis pemasyarakatan yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua LP ini terhubung melalui aplikasi Zoom yang terkoneksi dengan Lapas, rumah tahanan (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di seluruh Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly membuka acara ini di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA, Cipinang, Jakarta Timur, Senin, 15 Agustus 2016. Ketika datang, Yasonna disambut dengan tradisi Palang Pintu Khas Betawi.

Konduktor Addie M. S. memimpin para napi menyanyikan lagu. "Sekali merdeka tetap merdeka!" seru mereka. Acara lalu dipandu komedian Cak Lontong. Dia berharap pemecahan rekor bagi napi ini adalah yang pertama dan terakhir. "Kalau tahun depan ada lagi, artinya warga binaan semakin banyak," kata Cak Lontong, yang disambut gelak tawa hadirin dalam acara itu.

Para napi juga memecahkan rekor permainan terompah panjang. Napi di LP Narkotika, Cipinang, memakai kaus merah dan putih dan memegang bendera kecil. Keceriaan tampak pada wajah mereka.

Menteri Yasonna memberikan pesan. "Target kita bukan rekornya. Tapi bagaimana semangat kebersamaan. Untuk warga binaan jangan pernah berkecil hati. Jadikan ini pelajaran berharga," ucap Yasonna.

Kegiatan HUT Ke-71 RI di kalangan Warga Binaan akan diisi kegiatan pertandingan olahraga tradisional, antara lain Terompah Panjang, Egrang, Panjat Pinang serta olahraga tradisional lainnya.

Sementara itu di Lapas Sukamiskin Bandung, semangat merayakan peringatan hari kemerdekaan indonesia terlihat pada wajah sejumlah narapidana korupsi seperti mantan Menteri Agama Suryadharma Ali, mantan Anggota DPR Soetan Bhatoegana, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallaranngeng dan Nazarudin.

Kalapas Sukamiskin Surung Pasaribu mengatakan, Nazarudin adalah salah satu diantara 48 narapidana korupsi yang mendapat remisi HUT Kemerdekaan RI 2016.

"Dia dapatkan remisi lantaran sudah kembalikan uang kerugian negara, dan jadi justice collaborator (JC)," katanya

Ia menyebutkan, total narapidana di Lapas Sukamiskin yang mendapatkan remisi sebanyak 169, yakni 121 orang narapidana umum (pidum), dan 48 orang napi pidana khusus (pidsus).

Surung mengungkapkan, napi koruptor yang diajukan dapat remisi sebenarnya berjumlah 70 orang. Namun yang disetujui hanya 48 saja. Alasannya lantaran belum membayar denda, dan mereka belum mau jadi justice collabolator.

Sementara itu, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng yang mengikuti acara mengatakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi warga binaan. Pasalnya, warga binaan bisa melupakan apa yang dialaminya sejenak.

"Ini sangat bermanfaat bagi warga binaan Lapas Sukamiskin. Tahun ini saya juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang berlangsung," katanya.

INDRIA LITA | ANGGI PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments