hero
Mensesneg Pratikno dan Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi saat memberikan keterangan pers tentang mundurnya menteri ESDM di Istana Merdeka, Senin, 15 Agustus 2016. (NET/Reyska Ramdhani)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

15 Agustus 2016, 21:20 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Senin malam, 15 Agustus 2016, mengumumkan pemberhentian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar. Arcandra resmi dibebastugaskan sebagai menteri mulai besok pagi, Selasa, 16 Agustus 2016.

"Efektif diberhentikan besok pagi, setelah ditetapkan malam ini," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers di Istana Merdeka.

Untuk menggantikan posisi Arcandra, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjadi Pejabat Pelaksana Tugas Sementara Menteri ESDM hingga diangkatnya menteri yang baru. 

Menteri ESDM Arcandra Tahar menjadi sorotan lantaran diduga memiliki dua status kewarganegaraan, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Dugaan itu muncul dari percakapan di media sosial pada akhir pekan lalu, Sabtu, 13 Agustus 2016.  Informasi yang mencuat ke publik di antaranya soal sang menteri yang sudah bermukim selama 20 tahun di Amerika dan sudah menjalani naturalisasi atau disumpah menjadi warga negara AS.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly sempat membenarkan informasi Arcandra memiliki dua paspor, yaitu Amerika Serikat dan Indonesia. Meski memiliki dua paspor, Yassona menegaskan jika status WNI Arcandra belum dicabut.

Jika mengacu pada Undang-Undang Kewarganegaraan, warga negara Indonesia akan kehilangan statusnya sebagai WNI jika yang bersangkutan memperoleh kewarganegaraan lain dengan kemauan sendiri.

Arcandra Tahar menjabat sebagai Menteri ESDM setelah Presiden Jokowi mengumumkan komposisi baru Kabinet Kerja, pada Rabu, 27 Juli 2016. Arcandra mengisi kursi menteri menggantikan Menteri ESDM sebelumnya, Sudirman Said.

TIM LIPUTAN

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments