hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

15 Agustus 2016, 11:13 WIB

BRASIL

Pegolf asal Australia Ian Baker-Finch berpapasan dengan kapibara, hewan pengerat terbesar di dunia, ketika pertandingan golf Olimpiade Rio 2016 sedang berlangsung. Hewan ini berjalan sedang menjelajahi area lapangan golf di tempat arena bertanding.

Kapten timnas golf Australia ini sangat terkesima saat bertemu hewan endemik  khas Amerika Selatan berbobot 35 hingga 65 kg tersebut. Ini merupakan kejadian langka. Pertama kali terjadi semenjak olahraga golf dilombakan di ajang olimpiade 112 tahun lalu. 

Meskipun kapibara tidak berbahaya, Ian tetap menjaga jarak. Ia juga menyempatkan diri mengunggah foto tikus besar ini ke instagramnya. Awalnya ia tidak sadar berada di dekat kapibara. Ia mengetahui keberadaan si pemakan rumput ini setelah pelatihnya Brad James meneriakinya untuk berlari.

"Hewan itu sangat besar. Awalnya saya tidak percaya jika itu hewan pengerat. Wujudnya seperti gabungan antara wombat (marsupial Australia) dengan anjing," ujar Ian. "Saya pikir semua atlet menikmati berlaga di lokasi yang menyatu dengan alam liar," tambahnya.

Lapangan golf unik ini didesain oleh Gil Hanse. Padang rumput ini sekaligus rumah bagi bermacam hewan liar, seperti: keiman (buaya kecil), burung hantu dan kungkang.

Lapangan ini dulunya adalah rawa yang diuruk menggunakan pasir. Terletak di kawasan suaka alam pesisir Barra, sebelah barat Rio De Janeiro.

Mark Johnson, seorang ahli agronomi di Brasil mengungkapkan kapibara biasanya akan aktif di malam hari. Mereka akan berkeliaran secara berkelompok untuk mencari makan rumput di sekitar venue olimpiade.

"Ada sekitar 30 hingga 40 ekor kapibara disini. Ini merupakan habitat mereka dan kita main golf disini. Kita hidup secara berdampingan," ungkap Johnson.

Pegolf asal Amerika Serikat, Rickie Fowler, sudah dua kali bermain di sini. Ia menemui banyak satwa liar selama bermain di Barra. Ia tidak khawatir dengan keberadaan kapibara sebab ukurannya besar dan terlihat secara kasap mata. Yang ia khawatirkan adalah keiman, buaya berukuran kecil termasuk dalam jenis alligator. 

"Kita tidak bisa melihat keiman secara jelas, Kami berharap tidak menjumpai mereka selama pertandingan berlangsung," ujar Ricky.

Sebelumnya, empat pegolf terbaik dunia, Jason Day, Dustin Johnson, Jordan Spieth dan Rory Mcllroy menyatakan tidak bermain di Rio. Mereka meragukan kualitas lapangan yang digunakan untuk pesta olahraga tersebut. Menurut mereka venue golf di Olimpiade Rio 2016 tidak layak untuk digunakan.

The Sidney Morning Herald

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments