hero
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama\NET

EDITOR : REZA ADITYA

13 Agustus 2016, 14:00 WIB

INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok mengajak anak muda untuk peduli kepada politik. Dia juga mengajak generasi milenials tak apatis melihat partai politik dalam segala aspek.

"Kami ingin anak muda bisa mengerti situasi politik panggilannya dijaman milenium ini," kata Ahok, di depan ribuan anak muda dalam konferensi nasional Young on Top yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sabtu,13 Agustus 2016.

Ahok mengatakan di zaman milenium seperti ini segalanya semua terbuka. Mulai dari arus informasi, teknologi dan juga pengetahuan umum. Anak muda, kata Ahok, justru harus melihat politik sebagai edukasi yang baik untuk pembangunan bangsa.

"Ini kan zaman transparan. Kita jug mau sampaikan pemerintah sangat terbuka. Termausk kita mau smpaikan anak muda nggak boleh apatis terhadap poltik maupin partai politik," kata mantan Bupati Beltung Timur itu.

Kemudian Ahok menjelaskan alasannya memilih maju melalui partai politik pada pemilihan gubernur (Pilgub) di tahun 2017 nanti. Pada saat itu, kata dia, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak setuju Ahok maju pilgub dari jalur independen. Alasannya, "bila maju sebagai calon independen akan terjadi deparpolisasi di kalangan anak muda," ujar Ahok.

Deparpolisasi adalah upaya disengaja atau tidak disengaja mengurangi, atau bahkan meniadakan peran partai politik dalam demokrasi. Cara ini sebenarnya tidak sesuai dengan prinsip demokrasi yang dianut di negara kita. Alasannya, pilar utama demokrasi adalah partai politik. Jadi tidak mungkin sebuah negara yang menganut paham demokrasi, tapi justru mengesampingkan peran partai dalam pemilhan kepala daerah.

Inilah yang ditakutkan Ahok kepada generasi muda. Jika Ahok maju tanpa lewat partai politik pada pilgub 2017, lalu menang. Maka, kepercayaan publik kepada partai politk mulai tergerus. Khususnya di kalangan anak-anak muda.

ANNISA VIKASARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments